Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Jenis Klasifikasi Tanaman Lengkap Beserta Penjelasan Dan Gambarnya

Pengertian pengelompokan atau klasifikasi tumbuhan merupakan cara penggolongan jenis-jenis tanaman berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, misalnya dari struktur, bentuk atau berdasarkan zat terkandung dalam tanaman. 

Taksonomi tumbuhan biasanya merupakan pengelompokan berdasarkan urutan taksonnya dari kingdom sampai spesies (termasuk genus tanaman). Pada kingdom Plantae terbagi dalam 5 divisi antara lain; Divisio Schyzophyta (tumbuhan belah), Divisio Thallophyta (tumbuhan talus),  Divisio Bryophyta (tumbuhan lumut),  Divisio Pterydophyta (tumbuhan paku), dan Divisio Spermatophyta (tumbuhan biji).

Pada artikel ini akan dibagikan rangkuman tentang contoh klasifikasi pada tanaman beserta gambarnya dan sedikit penjelasan. Dimana dengan adanya artikel ini bisa digunakan sebagai sumber referensi dalam mencari wawasan baru, atau sekedar bahan kajian untuk mengerjakan tugas makalah tentang materi pelajaran klasifikasi tanaman.

Berikut admin telah mengumpulkan berbagai artikel dari blog ini yang membahas tentang penjelasan contoh dan klasifikasi tumbuhan lengkap beserta gambarnya. Inilah daftar contoh klasifikasi tumbuhan lengkap dari berbagai jenis tanaman.

1. Klasifikasi Tanaman Jenis Tumbuhan Kolam

Tumbuhan air kolam adalah jenis tumbuhan yang sudah mengalami adaptasi untuk hidup di lingkungan berair, baik terapung maupun tenggelam sebagian ataupun seluruh bagian tanamannya.

Bunga Teratai
Gamabar Klasifikasi Tanaman Air Bunga Teratai
Bunga teratai adalah tanaman yang biasanya dapat kita jumpai di daerah berair seperti di kolam-kolam, danau, telaga maupun daerah berair yang cukup luas. Teratai berdasarkan sejarahnya berasal dari Asia Selatan dan Australia. Tanaman Teratai dapat dijadikan hiasan kolam, serta berkontribusi terhadap kesehatan kolam. Berikut ini Klasifikasi Tanaman Teratai.

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Proteales
Famili : Nelumbonaceae
Genus : Nelumbo
Spesies : N. nucifera

Kamu bisa baca mengenai Klasifikasi tanaman kolam beserta penjelasan dan gambar selengkapnya pada artikel Contoh Tanaman Kolam Disertai Klasifikasi Dan Penjelasannya.

2. Klasifikasi Tanaman Jenis Obat-Obatan

Tanaman obat adalah tanaman yang umumnya digunakan oleh orang-orang sebagai bahan penawar atau untuk menyembuhkan suatu penyakit tertentu. Tanaman ini meski telah banyak dibudidayakan tetapi tanaman ini juga masih banyak yang hidup liar.

Kayu putih
Klasifikasi Tanaman Obat Kayu Putih
Kayu putih atau dalam bahasa latinnya Melaleuca leucadendra syn adalah tanaman pohon dari suku jambu-jambuan (Myrtaceae). Biasanya dimanfaatkan manusia sebagai bahan utama untuk membuat minyak kayu putih (cajuput oil). Minyaknya diambil dari penyulingan daun rantingnya. Inilah Klasifikasi Tanaman obat Kayu Putih.

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Melaleuca
Spesies : M. Leucadendra

Kamu bisa baca mengenai Klasifikasi tanaman obat beserta penjelasan dan gambar selengkapnya pada artikel Contoh Klasifikasi Tanaman Obat-obatan Dan Penjelasannya.

3. Klasifikasi Tanaman Hias

Jenis tumbuhan yang termasuk tanaman hias adalah tanaman yang biasanya dipergunakan untuk mempercantik suatu lingkungan, memperindah jika kita pandang. Tanaman ini terdiri dari berbagai tanaman termasuk di dalamnya tanaman perdu, semak, pohon, buah dan lainnya. Berikut salah satu contoh klasifikasi tanaman Hias.

Melati 
Klasifikasi Tanaman Hias Bunga Melati
Melati merupakan tanaman hias jenis perdu berbatang tegak, tanaman ini dapat hidup menahun. Melati adalah tanaman dari genus semak merambat dalam keluaga zaitun. Di dunia terdapat lebih dari 200 spesies tanaman melati dan kebanyakan hidup di iklim tropis yang hangat. Klasifikasi Bunga Melati Putih sebagai berikut.

Kingdom: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Classis: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Familia : Oleaceae
Genus: Jasminum

Kamu bisa baca mengenai Klasifikasi tanaman hias beserta penjelasan dan gambar selengkapnya pada artikel Contoh Klasifikasi Tanaman Hias Dan Penjelasannya.

4. Klasifikasi Tanaman Jenis Semak-Semak/ Tanaman Perdu

Tanaman Hias Semak, seperti namanya merupakan tanaman sejenis semak-semak yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman penghias, pemercantik dan pelengkap halaman rumah, taman maupun ruangan agar terlihat tampak indah saat dipandang mata. Tanaman ini sering kita jumpai ketika kita berjalan-jalan ke kota, dimana tanaman ini berjajar rapi di pinggir jalan dan di taman-taman kota.

Bunga Tibadadi 
Gambar Klasifikasi Tumbuhan Hias Cocor Bebek
Tanaman bunga tibadadi atau kalanchoe (cocor bebek) adalah tanaman hias jenis semak-semak yang berasal dari negara Madagaskar, berukuran kecil dan hidup bergerombol. Tanaman ini sebagian besar adalah tanaman herba abadi, tetapi beberapa spesies merupakan tanaman tahunan. Inilah Klasifikasi Ilmiah tanaman cocor bebek (Bunga Tibadadi).

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Saxifragales
Famili: Crassulaceae
Genus: Kalanchoe
Seksi: Bryophyllum
Spesies: Kalanchoe sp.

Kamu bisa baca mengenai Klasifikasi tanaman jenis semak beserta penjelasan dan gambar selengkapnya pada artikel Contoh Klasifikasi Tanaman Jenis semak perdu Dan Penjelasannya

5. Klasifikasi Tanaman Jenis Buah

Tanaman buah sering kita jumpai di ladang, kebun maupun persawahan. Tanaman ini mempunyai bagian (buah) yang biasanya dapat diperjual-belikan. Selain karena mengandung berbagai banyak vitamin, tanaman ini mempunyai rasa yang lezat sebagai bahan konsumsi.

Semangka
Klasifikasi Tanaman Buah Semangka
Semangka atau dalam bahasa inggris dikenal dengan water melon merupakan tanaman semusim, hidup merambat dan termasuk dalam keluarga labu-labuan. Sama seperti keluarganya, tanaman buah semangka berasal dari benua Afrika tropika. Karena banyak yang menggemarinya, tanaman ini dengan cepat tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berikut Klasifikasi Ilmiah Tanaman Semangka.

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo : Curcubitales
Famili: Curcubitaceae
Genus: Citrullus

Kamu bisa baca mengenai Klasifikasi tanaman jenis ini beserta penjelasan dan gambar selengkapnya pada artikel Contoh Klasifikasi Tanaman Buah-buahan Dan Penjelasannya.

6. Klasifikasi Tanaman Jenis Rempah-rempah

Rempah-rempah adalah salah satu jenis tanaman yang unik karena mempunyai bau, warna, dan rasa yang kuat dan khas yang biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan (bumbu-bumbu) maupun digunakan sebagai bahan obat-obatan contohnya jamu.

Lada
Gambar Klasifikasi Tanaman Rempah Lada
Lada merupakan tanaman rempah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Daerah yang terkenal sebagai produsen lada di Indonesia adalah Lampung dan Bangka Belitung, dimana Lampung sebagai produsen terbesar lada hitam dan Bangka Belitung sebagai produsen lada putih terbesar. Berikut Klasifikasi ilmiah tanaman lada.

Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo : Piperales
Famili: Piperaceae
Genus: Piper
Spesies: Piper nigrum Linn

Kamu bisa baca mengenai contoh Klasifikasi tumbuhan jenis ini beserta penjelasan dan gambar selengkapnya pada artikel Contoh Klasifikasi Tanaman Rempah-rempah Dan Penjelasannya.

7. Klasifikasi Tanaman Jenis Tanaman Pangan

Tanaman pangan adalah tanaman utama yang dijadikan sebagai pemenuh kebutuhan karbohidrat dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman pangan selain mengandung karbohidrat, juga mengandung serat.

Jagung
Gambar Klasifikasi Tanaman Pangan Jagung
Jagung merupakan tanaman pangan utama untuk sebagian masyarakat di dunia. Jagung adalah jenis tanaman semusim yang dapat hidup selama 80-150 hari atau rata-rata umurnya adalah sekitar 4 bulan.Di Indonesia sendiri jagung dibudidayakan oleh petani khususnya daerah pegunungan dan pedesaan. Berikut Klasifikasi ilmiah tanaman jagung.

Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Monokotil
Ordo : Poales
Famili: Poaceae
Genus: Zea
Spesies: Z. mays

Kamu bisa baca mengenai Klasifikasi tumbuhan jenis pangan beserta penjelasan dan gambar selengkapnya pada artikel Contoh Klasifikasi Tanaman Pangan Dan Penjelasannya.

8. Klasifikasi Pohon Keras

Tanaman keras adalah jenis tanaman yang biasanya mempunyai tekstur batang keras, berkayu dan tumbuh tinggi serta memiliki umur yang agak panjang (20 tahun lebih). Tanaman ini biasanya berupa tanaman hutan, perkebunan.  Berikut contoh Klasifikasi tanaman keras.

Mahoni
Klasifikasi Tanaman Keras Pohon Mahoni
Mahoni adalah salah satu jenis tanaman yang masuk kedalam tanaman keras (pohon), menurut sejarahnya tanaman ini  berasal dari daerah tropis, Hindia Barat. Mahoni selain ditanam untuk kebutuhan penataan wilayah, tanaman ini juga banyak yang tumbuh liar di banyak hutan, pegunungan, pinggir pantai dan pinggiran jalan. Mahoni mempunyai sistematika taksonomi bisa diklasifikasikan sebagai berikut.

Klasifikasi pohon mahoni
Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )
Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )
Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua/ dikotil )
Sub kelas : Rosidae
Ordo : Sapindales
Famili Meliaceae
Genus : Swietenia
Spesies : Swietenia mahagoni  ( L ). Jacq

Kamu bisa baca mengenai Klasifikasi pohon keras beserta penjelasan dan gambar selengkapanya pada artikel Contoh Klasifikasi Tanaman Keras Dan Penjelasannya.
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Jenis Klasifikasi Tanaman Lengkap Beserta Penjelasan Dan Gambarnya"