Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KLASIFIKASI dan CONTOH TANAMAN HIAS DI SEKITAR KAMPUS UNNES

Tanaman hias merupakan tanaman yang umumnya dijadikan sebagai pemercantik taman, rumah maupun bangunan sehingga elok untuk dipandang. Tanaman hias mencakup semua tanaman baik dari jenis, rumput-rumputan, terna, pohon dan lainnya. Berikut beberapa contoh dan klasifikasi tanaman hias yang ada di sekitar kampus UNNES:

Bunga Tasbih

Tanaman tasbih merupakan tanaman terna besar, tahunan, tinggi bisa mencapai 2 m, dalam tanah mempunyai rimpang yang tebal seperti ubi. Daunnya menyirip besar dan lebar, berwarna hijau kadang merah keungan.
Gambar Bunga Tasbih
Bunganya besar berwarna cerah merah maupun kuning, tersusun membentuk tandan. Buah berupa buah kendaga, bulat dan berbiji banyak. Sering dijadikan tanaman hias, tetapi juga tumbuh liar di hutan maupun di pegunungan dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Jenis lain, Canna Edulis Ke Gawl (Ganyong) memiliki kelopak bunga kecil, daunnya kadang hijau tengguli atau pink tengguli. Ditanam sebagai tanaman hias, rimpangnya dapat dimakan, di Australia, tanaman ini digunakan sebagai penghasil tepung yang dikenal sebagai “Arrowroot of Queensland”.

Klasifikasi Bunga Tasbih:

Kingdom: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Classis: Liliopsida
Sub Classis: Zingiberidae
Ordo: Zingiberales
Familia : Cannaceae
Genus: Canna
Species: Canna indica

Manfaat Bunga Tasbih

Bunga tasbih bisa dijadikan obat menurunkan panas, tekanan darah tinggi, keputihan, sakit kuning, batuk darah,luka berdarah, dan jerawat.

Bunga Sepatu

Bunga Sepatu atau Kembang Sepatu adalah jenis tanaman bunga dan merupakan salah satu tanaman perdu atau semak . Bunga ini asalnya dari Asia Timur, Bunga sepatu sering dijadikan tanaman hias dapat hidup dan tumbuh di tempat beriklim tropis serta subtropis.

Gambar Tanaman Bunga Sepatu
Bunga sepatu, bunganya terdiri 5 kelopak daun dan dilindungi kelopak tambahan dengan diameter sekitar 6-20 cm dan berbentuk seperti terompet. Tinggi tanamannya berkisar antara 2-5 meter, dengan daunnya menyirip bulat. 

Tanaman bunga sepatu umumnya dikembangbiakkan secara vegetatif baik dengan cangkok, stek maupun tempel. Bunga tanaman ini mempunyai beberapa variasi warna contohnya merah, putih kuning, biru, campuaran dan lain-lain.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Sepatu

Kingdom: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Classis: Magnoliopsida
Ordo: Malvales
Familia : Malvaceae
Genus: Hibiscus
Species: H. rosasinensis

Manfaat Bunga Sepatu

dapat mengobati flu, demam dan malaria
bisa menjadi proteksi terhadap infeksi
dapat mengobati batuk dan sariawan
dijadikan obat sakit kepala
dapat dijadikan obat penurun hipertensi dan  kolestrol
sebagai obat gonorhea dan gondok
dapat mencegah rambut rontok
dapat mencegah penyakit keputihan
dapat menurunkan berat badan
bisa menjaga kesehatan kulit

Bunga Melati

Melati adalah tanaman perdu berbatang tegak sering dijadikan tanaman hias karena hidupnya yang menahun. Melati merupakan genus dari semak dan merambat dalam keluaga zaitun. Bunga melati memiliki 200 spesies dan hidup di iklim tropis dan hangat.

Gambar Melati Putih
Taksonomi Bunga Melati Putih

Kingdom: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Classis: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Familia : Oleaceae
Genus: Jasminum 

Manfaat Bunga Melati Putih

Menghentikan ASI yang keluar berlebihan
Obat sakit mata
Obat Bengkak akibat serangan lebah
Mengobati Demam dan sakit kepala

Kaktus Pakis Giwang

Tumbuh tegak dengan tinggi bisa mencapai 1 meter, biasanya jadi tanaman hias di taman. Batang warna coklat, berduri kasar dan memiliki getah. Daun tunggal bentuk bundar telur dengan ujung lebih bulat dari pangkal, tepi rata, warna hijau. Bunga bertangkai, ada yang tunggal serta ada yang majemuk (ciri khas dimaksud siatium), warna berbagai macam, ada yang orange, kuning, dadu dsb.

Gambar Kaktus Pakis Giwang
Klasifikasi Kaktus Pakis Giwang

Kingdom: Planteae
SubKingdom: Tracheobiota
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Euphobiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Euphorbia
Spesies: Euphorbia milii Moulins

Manfaat Kaktus Pakis Giwang

Sebagai obat bisul dan radang kulit bernanah
Mengatasi hepatitis
Mengobati luka bakar dan tersiram air panas

Dewandaru

Tanaman dewandaru atau dalam bahasa latinnya Eugenia uniflora merupakan tanaman perdu tahunan yang tinggi bisa mencapai lebih dari 5 meter. Batangnya tegak berkayu, berbentuk bulat dan berwarna coklat. Daunnya menyirip berbentuk lonjong memanjang dengan ujungruncing, warnanya hijau serta merupakan daun tunggal yang tersebar di seluruh batang. Daunnya memiliki panjang lebih dari 5 cm dan lebar kurang lebih 4 cm. 

Gambar Tanaman Dewandaru
Dewandaru mempunyai bunga tunggal yang dilindungi daun bunga berwarna hijau. Kelopaknya biasanya tiga sampai lima, benangsari banyak berwarna putih. Putiknya slindris dengan mahkota kuning berbentuk kuku. Buah Dewandaru seperti buni bulat merah yang berdiameter sekitar 1,5 cm. Bijinya kecil, keras, dan warnanya coklat. Akarnya tunggang berwarna coklat.

Klasifikasi Tanaman Dewandaru

Kingdom: Planteae
Divisi: Spermatophyta
Sub divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Genus: Eugenia
Spesies: Eugenia Uniflora L.

Manfaat Tanaman Dewandaru

Buah dan daunnya dimanfaatkan sebagai peningkat kualitas astringent serta dapat mengurangi tekanan darah tinggi (Bandoni et al, 1972). Selain itu juga bisa digunakan sebagai penurun kolesterol dan  metabolisme lipid serta juga sebagai pencegah pada trigliserida dan level lipoprotein yang sangat rendah.

Daun Dewandaru terkenal sebagai obat tradisional untuk mengobati mencret. Aksi anti infamasi yang tinggi juga ditemukan daun Eugenia uniflora Pada Brazilian folk medicine, buah Eugenia uniflora digunakan sebagai antidiare, diuretik, antirematik, anti-febrile, dan antidiabetik. Selain itu, ekstrak daun Eugenia uniflora juga sebagai agen hipotensif  dan menghambat peningkatan level trigliserida dan glukosa plasma.
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "KLASIFIKASI dan CONTOH TANAMAN HIAS DI SEKITAR KAMPUS UNNES"