Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan dan Ciri-ciri Tanaman Keras

Penjelasan dan Ciri-ciri Tanaman Keras

Salam Pikir – Salamat datang di blog sedrhana ini, kali ini penulis akan sharing informasi tentang penjelasan tanaman keras, ciri-ciri tanaman keras dan macam-macam tanaman keras. Semoga bisa sedikit menjawab pertanyaan apa itu definisi tanaman keras? Morfologinya seperti apa? Serta apa saja contoh tumbuhan yang termasuk tanaman keras?

A. Pengertian Tanaman Keras

Tanaman keras adalah tanaman dari jenis pohon berkayu yang mempunyai batang bertekstur keras dengan masa hidup yang menahun hingga 20 tahun lebih. Tanaman keras ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu bahan penting untuk membuat bangunan seperti rumah, dijadikan alat perkakas rumah tangga, bahan kerajinan ataupun sekadar sebagai kayu bakar untuk memasak di pedesaan.

Tanaman keras adalah salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai beberapa fungsi penting terhadap lingkungan diantaranya sebagai tanaman penyerap air hujan. Penyerapan air hujan oleh tanaman keras ini sangat menunjang terhadap ketersediaan air dalam tanah. Salah satu dampaknya adalah dapat memunculkan sumber mata air baru yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan minum dan keperluan sehari-hari lainnya.

Penjelasan Tanaman Keras
Fungsi tanaman keras lainya yaitu mengurangi emisi gas karbon dioksida di udara, karena gas CO2 yang ada disekitar tanaman akan diserap dan digunakan dalam proses fotosintesis pada setiap tanaman termasuk tanaman keras. Hasil dari fotosintesis ini adalah gas oksigen yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan mahluk hidup lainnya (manusia dan hewan).

Beberapa jenis tanaman keras disebut juga sebagai tanaman perkebunan karena banyak yang dibudidayakan untuk dihasilkan berbagai komoditas yang mempunyai harga jual selain dari kayu, tetapi juga dari bagian lainnya seperti getah, buah, daun dan akarnya. Kayu jati merupakan salah satu contoh tanaman keras yang dibudidayakan untuk diambil kayunya untuk dijadikan ukiran dan bahan bangunan.  Selain itu, daun kayu jati juga bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus alami makanan.

Baca juga: Klasifikasi Berbagai Jenis Tanaman Cabai

Macam-macam habitat tanaman keras antara lain banyak yang hidup liar di hutan-hutan, dibudidayakan di perkebunan, ditanam sebagai selingan lahan pertanian, ditanam di pinggir-pinggir jalan dan di halaman rumah.

Baca juga: Klasifikasi Tumbuhan Pohon Buah

Tanaman keras disebut juga sebagai tanaman peneduh, hal ini karena tanaman keras mempunyai daun yang tumbuh lebat yang menghalangi pancaran sinar matahari untuk mengenai permukaan tanah. Pohon keras ini juga memberikan berbagai variasi lapisan kanopi di hutan-hutan.

B. Ciri-ciri Tanaman Keras

Identifikasi tanaman keras dapat dikenali dengan melihat beberapa ciri-ciri tanaman keras tersebut. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri tanaman keras adalah :

  • Tanaman keras mempunyai akar tunggang
  • Batang berkayu (tekstur keras)
  • Umumnya mempunyai banyak cabang
  • Bisa hidup bertahun-tahun
  • Tanaman keras berkembang biak secara generatif (biji) dan vegetatif (cangkok, stek)
  • Umumnya sebagai tanaman peneduh

C. Macam-macam Tanaman Keras

Banyak sekali macam tanaman keras yang ada di dunia, terbagi ke dalam beberapa jenis tanaman diantaranya tanaman keras jenis pohon, tanaman keras jenis buah-buahan, rempah atau tanaman keras sebagai tanaman hias.

Artikel lebih lengkap tentang tanaman keras beserta contoh dapat kalian baca pada artikel CONTOH TANAMAN KERAS DI KAMPUS UNNES

Berikut beberapa nama-nama tanaman yang tergolong jenis tanaman keras adalah:

Kayu Jati, pohon Albasia, kayu sengon, pohon mahoni, pohon kapuk, pohon cemara, beringin, kayu cendana, pohon kemenyan, pohon cengkeh, Pohon karet, pohon nangka, durian, pohon mangga, pohon kakao, pohon rambutan, pohon damar, kayu dewandaru, pohon belimbing dan pohon pohon duku.

Sekian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Silahkan jika informasi di blog ini masih kurang lengkap,  admin sangat menganjurkan untuk mengunjungi website lainnya untuk melengkapi sekaligus pembanding dengan artikel yang telah saya tulis ini. Terimakasih.
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Penjelasan dan Ciri-ciri Tanaman Keras"