Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Berbagai Jenis Tanaman Cabai

Salam Pikir - Deskripsi tanaman cabai adalah sejenis tanaman perdu semusim berbentuk tegak dan berkayu dan buahnya memiliki rasa yang pedas serta banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia.

Tumbuhan cabai merupakan tanaman holtikultura yang mempunyai masa panen yang cukup panjang serta diperlukan perawatan yang cukup intensif agar tanaman bisa tetap berbuah dengan baik.

Ciri-ciri umum tanaman cabai diantaranya berakar serabut, memiliki batang kecil, tegak dan  bercabang-cabang, serta mempunyai daun menyirip dengan ujung yang runcing.

Tanaman cabai banyak diolah masyarakat sebagai bumbu pelengkap untuk masakan, dengan rasa pedasnya, masakan akan memiliki citarasa yang lebih sedap dan enak.

Banyak sekali jenis tanaman cabai yang dibudidayakan di Indonesia, tetapi sebagian besar adalah tumbuhan dari genus Capsicum, tanaman cabe mempunyai kandungan Capsaicin yang menyebabkan rasa pedas.

Tanaman cabai termasuk tanaman perdu semusim yang dapat mudah tumbuh di daerah mana saja, asal mempunyai katersedian air dan zat hara tanah yang cukup. 

Baca Juga: Taksonomi Tanaman Perkebunan

Secara umum nama ilmiah adalah Capsicum chinense. Tetapi terdapat beberapa macam penamaan imlniah cabai. Macam-macam cabai dan nama latinnya: Cabai Rawit (Capsicum frutescens), Cabai Merah Besar (Capsicum annuum), Cabe Setan /Habanero (Capsicum chinense), Cabai JalapeƱo  (Capsicum annuum var. annuum), Cabai Serrano (Capsicum annuum), Cabai Poblano (dikenal juga sebagai Ancho ketika dikeringkan) (Capsicum annuum), Cabai Cayenne (Capsicum annuum), Cabai Thai (Thai Pepper) (Capsicum annuum), Cabai Scotch Bonnet (Capsicum chinense), Cabai Bhut Jolokia (Ghost Pepper) (Capsicum chinense), Cabai Carolina Reaper (Capsicum chinense) dan Cabai Trinidad Scorpion (Capsicum chinense). Perlu diketahui bahwa jenis-jenis cabai dapat memiliki varietas yang berbeda, dan nama latinnya mungkin merujuk pada spesies yang lebih luas di mana varietas tersebut sudah termasuk kedalamnya. Berikut beberapa contoh Klasifikasi tanaman cabai disertai sedikit penjelasan dan jenis-jenis cabe dan gambarnya

Tanaman Cabai Labu

Cabai labu atau nama latinnya Capsicum baccatum L. adalah spesies tanaman yang berasal dari negara Amerika Selatan (Peru, Ekuador dan Bolivia). Di negara asalnya cabai jenis ini digunakan sebagai bumbu masakan ataupun sebagai bahan utama untuk membuat saus. Tanaman cabai ini mempunyai bunga berwarna putih, buah saat mentah berwarna hijau tetapi jika sudah matang akan berwarna merah.

Gambar Klasifikasi Jenis Tanaman Labu
Klasifikasi tanaman cabai labu

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo : Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Capsicum
Spesies: Capsicum baccatum L.

Tanaman Cabai Setan

Cabai setan adalah salah satu tanaman cabai yang asalnya dari daerah Asia Selatan (India Timur dan Bangladesh. nama lain cabai setan adalah Cabai habnero, cabai jenis ini mempunyai rasa yang luar bias pedas, bahkan cabai setan masuk dalam jenis cabai terpedas di dunia. Nama latin cabai setan adalah Capsicum chinense. Cabai setan sering juga dikenal dengan nama ilmiah lain seperti "habanero" atau "Scotch bonnet," yang juga merupakan varietas dari spesies Capsicum chinense. Capsicum chinense dikenal karena tingkat kepedasannya yang sangat tinggi di skala Scoville, yang merupakan ukuran kepedasan cabai.

Ciri-ciri cabai setan secara umum berukuran kecil hingga sedang, dengan panjang sekitar 2,5 hingga 6 cm. Bentuknya bisa bervariasi dari bulat hingga lonjong, dan sering kali memiliki ujung yang meruncing. Cabai setan bisa bervariasi tergantung pada tingkat kematangannya. Warna yang umum termasuk hijau (ketika masih muda) dan berubah menjadi merah, oranye, kuning, atau coklat saat matang. Tingkat kepedasannya yang sangat tinggi, sering kali mencapai 100.000 hingga 350.000 unit Scoville, yang merupakan skala pengukuran kepedasan cabai.

Tanaman cabai setan biasanya tumbuh tegak dengan tinggi yang bisa mencapai 60 hingga 120 cm. Daunnya berwarna hijau gelap, dan bunganya berwarna putih dengan bercak ungu atau kuning. Tanaman Cabai setan berasal dari wilayah Karibia, Amerika Tengah, dan bagian utara Amerika Selatan. Namun, sekarang telah dibudidayakan di berbagai tempat di seluruh dunia.

Berikut Klasifikasi Tanaman Cabai Setan
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo : Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Capsicum
Spesies: Capsicum chinense Jacq.

Tanaman Cabai Rococto

Cabai rocoto mempunyai nama latin Capsicum pubescens adalah salah satu jenis cabe yang hanya bisa tumbuh di dataran dengan tinggi 1500 sampai 3300 m diatas permukaan laut. Umumnya tanaman cabai ini ditemukan di Amerika Selatan khususnya negara Columbia, Bolivia, Peru dan Ekuador.  Di Indonesia sendiri ditemukan ditanam di daerah Dataran Tinggi Dieng (Wonosobo), Cibodas dan Ciwedey Jawa Barat.

Gambar Jenis Tanaman Cabai Rocoto
Klasifikasi tanaman cabai Rococto

Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo : Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Capsicum
Spesies: Capsicum pubescens R. & P.

Cabai Merah Biasa

Cabai merah adalah salah satu komoditas tanaman sayuran yang mempunyai nilai ekonomis  yang cukup lumayan di pasaran, sehingga banyak petani yang menanam cabai jenis ini. Cabai ini mempunyai banyak varietas yang telah dikembangkan serta dibudidayakan oleh masyarakat. Meskipun cabai merah tidak sepedas cabai rawit ataupun cabai setan tetapi cabai ini menjadi bahan pelengkap dalam masakan sayuran.

Klasifikasi ilmiah cabai merah
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo : Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Capsicum
Spesies: Capsicum annum L.

Baca Juga: Rangkuman Berbagai Jenis Klasifikasi Tanaman

Cabai Rawit

Cabai rawit atau yang dikenal dengan cabai kathur adalah tumbuhan perdu semusim yang asalnya dari wilayah amerika latin, cabai ini menjadi salah satu jenis cabai favorit untuk dijadikan bumbu ataupun sambal. Nama ilmiah cabai rawit adalah Capsicum frutescens, meskipun ukurannya kecil tetapi cabai rawit mempunyai rasa yang sangat pedas, bahkan pernah menjadi cabai terpedas di dunia. 

Gambar Contoh Tanaman Cabai Rawit
Taksonomi Cabai Rawit

Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo : Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Capsicum
Spesies: Capsicum frutescens L.

Cabai Merah Keriting

Cabai keriting atau nama ilmiah Capsicum annum L adalah salah satu varietas tanaman cabai merah yang mempunyai buah berbentuk panjang kecil dan keriting (tidak lurus layaknya cabai merah biasanya). Cabai ini bayak ditanam oleh petani dan akan dipanen ketika cabai sudah berwarna merah sempurna. Budidaya tanaman cabai keriting memang gampang-gampang susah, selain kita harus menyiapkan unsur tanah dan air yang cukup kita juga perlu melakukan perawatan tanaman cabai keriting secara rutin. Tanaman cabai keriting dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. 

Klasifikasi Cabai Merah Keriting
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo : Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Capsicum
Spesies: Capsicum annum L.

Baca Juga: Contoh Tanaman Palawija dan Klasifikasinya
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Berbagai Jenis Tanaman Cabai"