Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH dan KLASIFIKASI TANAMAN PALAWIJA

CONTOH dan KLASIFIKASI TANAMAN PALAWIJA

Apakah kalian sedang mencari bahan materi untuk membuat makalah tentang apa itu tanaman palawija adalah dan contohnya? atau hanya sekadar menambah wawasan mengenai apa saja macam-macam tanaman palawija?. Pada artikel ini admin akan menjelaskan mengenai definisi dan daftar tanaman palawija, gambar tanaman palawija beserta klasifikasinya.

Tanaman yang termasuk tanaman palawija adalah tanaman yang ditanam oleh para petani setelah masa panen padi. Tidak seperti padi, kebutuhan air pada tanaman palawija tidaklah terlalu banyak. Kebanyakan jenis tanaman palawija adalah tanaman pangan, sehingga perbedaan tanaman pangan dan palawija tidak jauh berbeda. Untuk mengetahui perbedaanya kamu dapat mengunjungi artikel lainnya mengenai contoh dan klasifikasi tanaman pangan.

Pada zaman modern ini perkembangan ilmu agribisnis dan cara budidaya tanaman palawija sudah sangat berkembang. Hal ini dikarenakan tanaman palawija cukuplah menguntungkan untuk ditanam.

A. Pengertian Tanaman Palawija

Tanaman palawija menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tanaman selain padi; biasa ditanam di sawah atau di ladang (seperti kacang, jagung, ubi).

Sedangkan menurut Wikipedia tanaman palawija berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti tanaman hasil panen kedua di samping padi. Istilah palawija ini berkembang di antara para petani di Pulau Jawa untuk menyebut jenis tanaman pertanian selain padi.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian tanaman palawija adalah jenis tanaman semusim yang ditanam oleh para petani setelah lahannya digunakan bercocok tanam padi, penyebutan palawija ini muncul di antara para petani di Pulau Jawa, contoh tanaman palawija diantaranya jagung, ubi, singkong, kacang tanah, kacang, kentang, wortel dan sebagainya.

Baca: Jenis Taksonomi Tanaman Cabai Pedas

B. Contoh Tanaman Palawija beserta Klasifikasi

Berikut berbagai contoh tanaman yang termasuk tanaman palawija disertai klasifikasi dan gambarnya:

1. Kedelai

Kedelai adalah jenis tanaman kacang-kacangan yang mempunyai kandungan protein nabati yang tinggi dan merupakan komoditi utama setelah jagung dan padi. Tanaman ini biasanya diolah sebagai bahan dasar dari berbagai makanan masyarakat Asia Timur dan Asia Tenggara contoh nya Tempe,Tahu, kecap dan lainnya.


Gambar Klasifikasi Palawija Kedelai
Suhu optimum untuk tanaman palawija ini berkisar antara 25- 27 derajat celcius, serta dapat tumbuh baik pada daerah dataran rendah. Kedelai dapat tumbuh optimal jika ditanam pada ketinggian hingga 900 m di atas permukaan laut.

Klasifikasi ilmiah tanaman Kedelai
Taksonomi botani kedelai yaitu sebagai berikut:
Kingdom  : Plantae
Divisio  : Spermatophyta
Subdivisio  : Angiospermae
Classis  : Dicotyledoneae
Ordo  : Polypetales
Familia  : Leguminosae
Subfamilia  : Papilionoidae
Genus  : Glycine
Spesies  : Glycine max L.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau adalah salah satu jenis tumbuhan dari jenis polong-polongn yang terkenal luas di daerah iklim tropis. Tanaman palawija satu ini memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi, tak khayal banyak masyarakat yang gemar memanfaatkannya sebagai bahan konsumsi, mungkin karena harganya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan bahan makanan berprotein lainnya seperti daging, ikan dsb.

Baca: Klasifikasi Tanaman Rempah-rempah


Gambar Tanaman Palawija Kacang Hijau
Kacang hijau termasuk kedalam tanaman serelia atau biji-bijian yang mengandung karbohidrat, vitamin, protein, mineral dan kandungan gizi yang bermanfaat lainnya. Protein tanaman ini kaya akan kandungan asam amino leusin, arginin, isoleusin, valin, dan lisin. Berikut taksonomi kacang hijau

Klasifikasi tanaman kacang hijau
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Classis : Dicotyledoneae
Ordo : Polypetalae
Familia : Papilionaceae
Subfamilia : Leguminosae
Genus : Vigna
Spesies : Vigna radiata

3. Sorgum

Sorgum adalah tanaman serelia semusim yang berasal dari daerah sekitar sungai Nigeria, Afrika Barat. Hampir sekitar 80% penanaman sorgum ada di wilayah benua Afrika dan Asia. Tumbuhan palawija ini merupakan salah satu jenis tumbuhan kelas monokotileden (biji berkeping satu) yang mempunyai akar serabut.


Gamabar Tumbuhan Palawija Sorgum
Sorgum sangat cocok jika ditanam di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0-700 m di atas permukaan tanah, serta suhu lebih dari 20֯ C dan berudara kering. Di Indonesia sendiri, tanaman ini sangat cocok di tanam di daerah dengan suhu kering terutama daerah Indonesia bagian timur.

Klasifikasi Ilmiah (taksonomi) Sorgum
Klasifikasi botani tanaman sorgum adalah sebagai berikut :
Kingdom : Plantae
Divisi : Tracheophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Sorghum Moench
Spesies : Sorghum bicolor (L.) Moench

4. Jagung

Jagung adalah tumbuhan palawija yang hidup semusim, biasanya ditanam pada daerah pedesaan dan pegunungan. Jagung merupakan salah satu tanaman sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, selain tanaman pangan lainnya.


Foto Tumbuhan Palawija Jagung
Tumbuhan palawija ini termasuk tumbuhan biji berkeping satu, berakar serabut serta berkembang biak secara generatif melaluai perkawinan bunga jantan dan betina.

Klasifikasi ilmiah tanaman jagung
Taksonomi botani jagung yaitu sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisi : Angiospermae
Kelas : Monokotil
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Zea
Spesies : Z. mays

5. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis tanaman perdu atau semak yang berumur pendek, mempunyai akar serabut halus yang terdapat umbi-umbi yang berfungsi menyimpan bahan makanan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air dan mineral.


Gambar Palawija Kentang
Kentang dapat tumbuh subur di tanah yang gembur, banyak mengandung bahan organik. Sedangkan daerah penanaman yang optimal adalah daerah pegunungan dengan ketinggian berkisar 1000-3000 mdpl serta kelembaban tanah 70%.

Baca: Contoh Tanaman Keras Yang Dibudidayakan Di Indonesia

Klasifikasi ilmiah tanaman Kentang
Taksonomi botani kentang yaitu sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Classis : Dicotyledoneae
Ordo : Solanales
Familia : Solanaceae
Genus : Solanum
Spesies : Solanum tuberosum  L.

6. Wortel

Wortel adalah tanaman perdu sayur-sayuran yang sudah sejak lama dijadikan bahan konsumsi manusia. Tanaman semusim ini mempunyai akar tunggang yang dapat berubah bentuk menjadi umbi berwarna jingga sebagai bagian untuk menyimpan cadangan makanan.


Petani Wortel Luar Negeri
Tanaman palawija satu ini mengandung beta karoten yang cukup tinggi yamg merupakan pro-vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Selain itu wortel juga memiliki kandungan karbohidrat, air, protein, lemak, serat, gula alamiah dan gizi lainnya.

Klasifikasi ilmiah tanaman wortel
Taksonomi botani wortel yaitu sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisio : Embryophyta siphonogama
Subdivisio : Angiospermae
Classis : Dicotyledoneae
Ordo : Umbiliflorae
Familia : Umbiliflorae
Genus : Daucus
Species : Daucus carota L.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar atau lebih dikenal dengan ketela rambat adalah tumbuhan merambat yang berkembng biak secara vegetatif (stolon), memiliki daun menyirip berwarna hijau serta akar yang terdapat umbi yang biasanya dikonsumsi manusia.


Foto Tanaman Ubi Jalar
Tanaman palawija ini dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian sekitar 500- 1000 m di atas permukaan laut bersuhu lembab dan panas.

Klasifikasi ilmiah tanaman ubi jalar
Taksonomi botani ubi jalae yaitu sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Solanales
Famili : Convolvulaceae
Genus : Ipomoea
Spesies : batatas L

Demikian pembahasan artikel ini. Kamu bisa mencari informasi lainnya mengenai KLASIFIKASI TANAMAN pada artikel di blog ini, berikut salah satu link blog ini yang menyediakan informasi berbagai klasfikasi tanaman dan tumbuhan. Kumpulan Klasifikasi Tanaman Lengkap

Sumber Referensi:
http://eprints.unwahas.ac.id/1034/2/BAB%20I.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/940/4/05520015%20Bab%202.pdf
http://etheses.uin-malang.ac.id/4512/1/04520009.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56375/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://eprints.undip.ac.id/56863/3/Bab_II.pdf
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "CONTOH dan KLASIFIKASI TANAMAN PALAWIJA"