Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kreatif Budidaya Vanili di Lahan Sempit Dekat Rumah

Cara Kreatif Budidaya Vanili di Lahan Sempit Dekat Rumah

Semakin berkembangnya zaman, ide kreatif dan inovatif banyak bermunculan dalam segala bidang. Hal ini sangat positif karena dengan adanya ide tersebut dapat membuat sesuatu yang kita lakukan menjadi lebih mudah, dapat menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan keuntungan yang lebih besar dan berbagai manfaat lainnya. 

Tak terkecuali dalam budidaya vanili, banyak petani vanili yang sukses memunculkan ide-ide baru untuk mengembangkan teknik bercocok tanam vanili baik secara modern maupun tradisional dengan sedikit terobosan.


Cara Kreatif Budidaya Vanili di Lahan Sempit 
Di luar negeri, negara produsen vanili contoh nya adalah Madagaskar, China, Tahiti, Meksiko, Papua Nugini, Turki, Uganda, Polinesia, Reunion. Berdasarkan analisa data dari fao.org pada tahun 2016 negara penghasil vanili terbesar di dunia adalah Madagaskar dengan jumlah produksi 2.926 Ton. 

Di Indonesia sendiri budidaya tanaman vanili tersebar di beberapa kota antara lain Jogja, Jawa Tengah, Bali, Banyuwangi dan Sulut. Negara tujuan ekspor vanili Indonesia selain ke Amerika serikat, beberapa negara Asia dan Eropa juga menjadi pengimpor vanili dari Indonesia seperti Republik Chechnya, Thailand, Jerman, Bulgaria, Perancis, Korea Selatan, Filipina Dan Singapura.

Baca: Vanili, Merupakan Salah Satu Contoh Tanaman Rempah-rempahan

Prospek bertanam vanili dalam beberapa tahun belakangan ini sedang ‘naik daun’ serta mengalami banyak perubahan ditandai dengan harga vanili yang cukup tinggi dan banyaknya masyarakat yang antusias dalam menanamnya. Peluang bisnis vanili masih terbuka lebar baik di dalam maupun ke luar negeri, sehingga menjadi salah satu alternatif usaha untuk para petani.

Persiapan lahan menjadi salah satu syarat untuk berkebun tanaman vanili, tetapi dengan semakin maraknya pembangunan banyak lahan yang akhirnya menjadi sebuah produk infrastruktur seperti jalan, gedung, bangunan atau lainnya, sehingga terjadi penyusutan jumlah lahan yang potensial untuk bertanam vanili.

Hal inilah yang mungkin menjadi sebab mengapa beberapa petani berusaha memunculkan gagasan sederhana tetapi kreatif untuk menanam vanili pada tempat tidak begitu luas seperti halaman atau pekarangan dekat rumah. Salah satu keuntungan budidaya vanili di tempat yang sempit tersebut adalah petani tidak harus mempunyai berhektare-hektare lahan (meminimalkan biaya produksi), lebih efisien waktu, memudahkan dalam perawatan dan pengontrolan perkembangan tanaman.

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menanam vanili di lahan yang sempit. Kami mengambil dari beberapa sumber referensi salah satunya adalah video youtube dari Channel CREATIVE FARMERS INDONESIA. Dalam video tersebut pemilik kebun menjelaskan bahwa ia mempunyai lahan yang hanya berukuran 8x6 meter di belakang pekarangan rumahnya. Kemudian, lahan tersebut dibuat semacam GREEN HOUSE dengan jaring-jaring yang diberi paranet dengan intensitas cahaya 45%.

Berikut beberapa cara kreatif budidaya tanaman vanili di lahan yang sempit seperti pekarangan dan halaman dekat rumah.

Sistem Menanam Vanili dalam Pot

Seperti namanya, media yang dipakai untuk menanam vanili adalah sebuah pot yang berupa ember plastik dengan diameter kira-kira 40cm atau bisa juga digunakan dengan polybag, yang kemudian diberi tanah topsoil pada bagian bawahnya dan sekam padi di permukaan tanah tersebut, hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban tanah topsoil tersebut.

Namun perlu diperhatikan sebelumnya kita juga harus membuat sebuah drainase atau tempat keluarnya air di dalam pot yang tujuannya untuk mencegah akar dan batang vanili membusuk akibat adanya air hujan atau penyiraman yang berlebihan.


Gambar Budidaya Vanili dengan Pot
Selanjutnya gunakan cara menanam vanili dengan sabut kelapa sebagai media rambat yang diikat pada pipa-pipa paralon dengan ukuran kecil menggunakan kawat supaya media tersebut tidak mudah lepas.

Baca: Contoh Tanaman Hias Jenis Pohon

Lalu bagaimana penataan pot dalam lahan sempit? Pertama yang harus kita lakukan adalah menyusun dua baris pot memanjang (berdekatan), kemudian memberi jarak dengan dua baris pot selanjutnya. Fungsi dari adanya jarak untuk setiap dua baris tersebut yaitu memudahkan kita dalam melakukan perawatan, pengontrolan, pemanenan maupun pengawinan silang. Perlu diketahui juga bahwa dalam satu pot itu terdapat satu tiang rambat berupa pipa paralon vertikal yang sebelumnya telah diberi media rambat. Usahakan pipa-pipa paralon tersebut terhubung satu sama lain dengan cara memanfaatkan pipa paralon/ tali yang diikat pada ujung atas tiap-tiap pipa paralon.

Umumnya agar tanaman vanili dapat tumbuh dengan baik, dalam satu pot kita cukup menanam 3 bibit vanili, dimana bibit yang digunakan merupakan bibit yang sudah berumur demi mempercepat kemunculan bunga, tetapi kita juga perlu melakukan pemberian hormon-hormon tertentu sebagai rangsangan.

Sistem Budidaya Vanili dengan Rak

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membudidayakan tanaman vanili di lahan yang relatif kecil adalah dengan sistem rak. Dalam sistem ini kita bisa menggunakan talang pvc sebagai media tanam pengganti pot, serta menggunakan tiang rak besi sebagai media rambatnya. Sama seperti pada sistem dalam pot, kita juga perlu mengisi talang pvc tersebut dengan tanah topsoil dan sekam padi pada permukaan tanah tersebut.


Gamabr Budidaya Vanili dengan Rak
Hal yang perlu diperhatikan untuk menanam vanili dengan rak di lahan yang tidak cukup luas yaitu bagaimana menyusun rak-rak tersebut agar efektif dan efisien untuk perkembangan tanaman vanili. Kita perlu menata rak-rak tersebut ke dalam 2 baris memanjang dan mengusahakan agar tiap-tiap tiang rak besi terhubung satu sama lain. langkah selanjutnya adalah memberi jarak antara tiap 2 barisan dengan 2 barisan sebelahnya.

Baca: Deskripsi Dan Klasifikasi Tanaman Kelor dan Manfaatnya

Dalam satu talang pvc panjang, penanaman pohon vanili harus diberi jarak pemisah sekitar 10cm dari bibit vanili di sebelahnya, hal ini bertujuan supaya perkembangan tanaman vanili tidak mengalami hambatan.

Sebagai catatan, karena tanaman vanili dibudidayakan pada media buatan dan bukan pada tempat alaminya, maka kita perlu selalu memperhatikan kondisi tanaman, memberikan nutrisi yang cukup, dan melakukan perawatan yang lebih ekstra lagi, sehingga tumbuhan vanili dapat tumbuh sesuai harapan.

Baca: Menerjemahkan File Dokumen DOC PDF dengan Google Translate

Demikian artikel tentang cara Kreatif Budidaya Vanili di Lahan Sempit Dekat Rumah, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu sobat sekalian dalam memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam bidang pertanian. Satu kata dari kami: Petani Berdaulat Indonesia Hebat!!
Untuk lebih jelasnya, sobat sekalian bisa mengunjungi video youtube berikut.
https://www.youtube.com/watch?v=Ih4Oj9BGCo8

IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Cara Kreatif Budidaya Vanili di Lahan Sempit Dekat Rumah"