Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tanaman Hias Pohon Beserta Klasifikasi dan Cirinya

Jenis Tanaman Hias Pohon Beserta Klasifikasi dan Cirinya

Banyak sekali jenis tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias, seperti jenis tanaman hias batang, daun, bunga maupun tanaman semak hias. Tak terkecuali juga tanaman jenis pohon, selain berfungsi sebagai tanaman peneduh beberapa contoh tanaman pohon banyak dijadikan tanaman hias untuk taman, halaman rumah ataupun kebun wisata.

Pengertian tanaman hias pohon adalah sekelompok tanaman jenis pepohonan yang ditanam untuk menciptakan kesan keindahan baik yang ada di dalam ruangan ataupun luar ruangan. Keindahan ini tercipta dari bentuk, warna maupun keserasiannya dengan tempat penanaman.

Tanaman pohon hias sebenarnya bukan merupakan tanaman utama objek keindahan dalam sebuah tempat, melainkan sebagai tanaman pelengkap untuk menciptkan kesan eksotis, hijau dedaunan dan kesuburan.

Beberapa contoh tanaman hias pohon adalah pohon pinus, palem, cemara, glodogan tiang, asam londo, saputangan, sawo kecik, pinang, jatimas, dadap merah, kamboja, bambu hias dan masih banyak lainnya.

Tetapi pada artikel hanya akan dibahas beberapa contoh tanaman hias pohon saja. Berikut 6 jenis tanaman pohon hias beserta klasifikasi dan karakteristik morfologi nya.

Baca Juga: Contoh Tanaman Hias Air Beserta Klasifikasinya

Tanaman Hias Pohon Palem Raja

Salah satu contoh tanaman hias pohon adalah Palem Raja. Tanaman yang mempunyai nama latin Roystonea regia ini merupakan salah satu dari banyak spesies keluarga Arecaceae (palem-paleman). Palem raja aslinya berasal dari daerah Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia.


Gambar Jenis Tanaman Hias Pohon Palem
Palem raja banyak diminati oleh masyarakat untuk dijadikan tanaman pohon hias di taman-taman, pekarangan rumah ataupun pingir jalan.  Selain karena keindahanya, palem raja termasuk tumbuhan yang mudah hidup dan berkembang di daerah iklim tropis. Meskipun merupakan tanaman hias outdor atau luar ruangan, tanaman hias ini sangat bermanfaat sebagai tanaman peneduh dari terik matahari.

Karakteristik tanaman hias pohon palem raja diantaranya batangnya beruas-ruas, tegak, tidak bercabang dan dapat tumbuh hingga ketinggian 30 m, mempunyai akar serabut, daun berwarna hijau mempunyai sistem tulang daun menyirip, buahnya bulat oval dengan daging buah yang relati tebal.

Klasifikasi tanaman hias pohon palem raja

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo : Arecales
Famili: Arecaceae
Genus: Roystonea
Spesies: Roystonea regia 

Baca Juga: Contoh Klasifikasi Tanaman Hortikultura

Tanaman Hias Pohon Pinang

Pohon Pinang adalah salah satu jenis tanaman hias pohon dari keluarga Arecaceae pada ordo Arecales (palem-paleman). Palma satu ini tumbuh diberbagai negara di kawasan Asia, Pasifik dan Afrika bagian timur. Tanaman pinang mempunyai banyak varietas seperti pinang bentara, pinang aceh, pinang bulawan, pinang merah, pinang kelapa, pinang biru, pinang irian dan masuh banyak lainnya.


Klasifikasi Tanaman Hias Pohon Pinang
Pohon pinang merupakan salah satu tanaman yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, karena tanaman ini dikenal sebagai tanaman obat dan banyak di ekspor ke negara China dan negara-negara Asia Selatan. Meskipun begitu beberapa jenis tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias baik untuk taman, halaman rumah maupun pinggir jalan.

Karakteristik pohon pinang antara lain batang lurus beruas-ruas dan bisa tumbuh hingga ketinggian 25 m, berakar serabut, daun majemuk menyirip (genap), pangkal daun rata tetapi ujungnya meruncing. Buahnya berserabut dan berdaging cukup tebal.

Klasifikasi tanaman hias pohon pinang

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo : Arecales
Famili: Arecaceae
Genus: Areca
Spesies: Areca catechu L.

Baca Juga: Deskripsi, Klasifikasi Tanaman Kelor dan Manfaatnya

Tanaman Hias Pohon Glodogan Tiang

Glodogan tiang merupakan jenis tanaman hias pohon yang banyak ditanam di pinggir-pingir jalan, halaman sekolah dan kantor dan juga taman-taman kota. Pohon yang mempunyai nama ilmiah Polyalthia longifolia, aslinya berasal dari daerah Asia Selatan khususnya India.


Gambar Macam-macam Tanamn Hias Pohon: Glodoogan Tiang
Salah satu alasan mengapa banyak orang yang menanam pohon jenis ini karena glodogan tiang dapat tumbuh baik dibawah terik matahari langsung, tahan akan paparan polusi dalam waktu lama dan mudah dalam perawatannya. Disamping itu selain sebagai objek keindahan sekaligus pohon peneduh, tanaman ini juga ikut andil dalam mengurangi polusi di udara (contohnya timbal). 

Morfologi pohon glodogan tiang diantaranya mempunyai akar tunggang, berukuran besar dan menembus ke dalam tanah. Daun berwarna hijau, bentuk elips memanjang hingga 12,5-20 cm. Memiliki bantang lurus dan tingginya bisa mencapai 10-25 m.

Klasifikasi tanaman hias pohon glodogan tiang

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Mognoliopsida
Ordo : Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Polyalthia
Spesies: Polyalthia longifolia

Baca Juga: Klasifikasi Berbagai Jenis Tanaman Cabai

Tanaman Hias Pohon Bunga Kamboja

Salah satu tanaman hias jenis pohon lainnya adalah bunga kamboja. Tanaman ini bukanlah tanaman asli Indonesia, tetapi berasal dari kawasan Amerika bagian tengah. Tanaman ini masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa barat pada zaman kolonialisme.


Contoh Tanaman  Hias Pohon Bunga Kamboja
Bunga kamboja termasuk tanaman dalam genus plumeria, tanaman ini banyak ditanam di taman-taman, pekuburan, pinggir jalan bahkan di halaman rumah. Selain menjadi objek keindahan, tanaman ini juga digunakan sebagai tanaman peneduh dan tanaman obat.

Morfologi bunga kamboja mempunyai batang bengkok dan bercabang, tingginya bisa mencapai 1,5-6 m. mempunyai daun dengan ujung runcing, tepi rata dan bertulang daun menyirip. Bunganya tidak hanya berwarna kuning dan putih, tetapi terdapat jenis persilangan yang menghasilkan warna merah, merah muda bahkan orange.

Klasifikasi tanaman hias pohon bunga kamboja

Kingdom: Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Mognoliopsida
Ordo : Gentianales
Famili : Apocyanaceae
Genus : Plumeria
Spesies : Plumeria acuminate

Baca Juga: Jenis-jenis Rumput Liar Beserta Klasifikasinya

Tanaman Hias Pohon Dadap 

Pohon dadap merupakan tanaman hias jenis pohon dari famili fabaceae. Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Erythrina variegata ini mempunyai banyak nama lokal seperti cangkring (jawa), rope (sasak), Galada ayer (melayu), kane (Makasar). 


Jenis Tanamah Hias Pohon Dadap Merah
Tanaman pohon dadap selain digunakan sebagai tanaman hias, juga berfungsi sebagai tanaman peneduh sekaligus tanaman pagar hidup. Tanaman ini banyak ditanam di kebun-kebun kopi, kakao. Tanaman ini juga berfungsi sebagai tanaman penahan angin khususnya di negara-negara pasifik.

Morfologi tanaman dadap antara lain berakara tunggang, mempunyai batang berkayu bertegak dan berduri. Daun majemuk, ujung dan pangkaln tumpul, serta bertulang daun menyirip. Pohon dadap umumnya memiliki bunga berwarna merah.

Klasifikasi tanaman hias pohon dadap merah

Kingdom: Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae
Genus : Erythrina
Spesies : Erythrina variegata

Baca Juga: Klasifikasi Tanaman Buah-buahan

Tinjaun Pustaka:
http://agritek.unmermadiun.ac.id/index.php/agritek/article/viewFile/17/2
https://lib.unnes.ac.id/32365/1/4411412057.pdf
https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id
https://id.wikipedia.org/
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Jenis Tanaman Hias Pohon Beserta Klasifikasi dan Cirinya"