Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Klasifikasi TANAMAN AIR Hias di Kolam

Contoh Nama Klasifikasi TANAMAN AIR Hias di Kolam

Pengertian tumbuhan air atau disebut dengan tanaman hidrofit adalah sejenis tumbuhan yang secara khusus telah mengalami penyesuaian diri untuk hidup di lingkungan berair, baik yang terapung maupun tenggelam (sebagian ataupun seluruh bagian tanamannya). Meskipun habitat tumbuhan ini sangat bergantung dengan adanya air, namun perlu diketahui bahwa beberapa spesies tanaman ini bisa hidup di daratan jika mempunyai kadar air yang cukup atau normal.

Tanaman air merupakan bagian dari vegetasi mahluk hidup yang ada di bumi, dimana tersebar di perairan air tawar, payau hingga air laut serta dengan beraneka bentuk dan karakteristiknya.

Berdasarkan berbagai penelitian membuktikan tanaman air dapat menetralisir dan mengurangi komponen-komponen polutan yang berada di dalam air. Artinya tanaman air dapat berfungsi sebagai penyaring alami limbah cair yang ikut larut di dalam air. Sehingga banyak digunakan oleh masyarakat sebagai tanaman hias selingan di kolam-kolam, selain juga karena dapat mempercantik pemandangan kolam.

Berikut beberapa nama-nama jenis tanaman hias air beserta klasifikasi dan ciri-cirinya

1. Tanaman Teratai

Gambar Tanaman Hias Air Bunga Teratai
Tanaman teratai atau bunga teratai adalah tanaman yang mudah kita temui di kolam-kolam yang berukuran cukup luas. Tanaman ini berasal dari Asia Selatan dan Australia. Biasanya tanaman Teratai dijadikan hiasan di taman air, tanaman ini juga berkontribusi terhadap kesehatan kolam. Bunga biasanya mekar di pagi hari dan kelopaknya akan berguguran di sore hari.

Daun yang lebar menutupi sebagian permukaan air dari kontak langsung dengan panas matahari, sehingga suhu air di kolam tetap dalam keadaan stabil. Selain itu, tanaman teratai dapat berfungsi sebagai pelindung ikan-ikan dari serangan para burung pemangsa dan juga sebagai penghambat pertumbuhan ganggang dengan cara menyaring nutrisi yang berlebih di dalam kolam.

Ciri-ciri Tanaman Teratai

Teratai berkembang biak dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (rimpang)
Daun lebar, bulat dan mengapung di permukaan air
Batangnya panjang serta memiliki saluran udaranya
Akarnya berupa rimpang yang terkubur didalam lumpur
Warna bunga putih, merah, kuning, biru, orange

Klasifikasi Bunga Teratai

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Proteales
Famili : Nelumbonaceae
Genus : Nelumbo
Spesies : N. nucifera

2. Semanggi Air


Klasisifikasi Tanaman Air | Semanggi Air
Meskipun menyerupai semanggi yang di darat, semanggi air secara botani diklasifikasikan sebagai tanaman paku karena menghasilkan spora. Semanggi air dapat ditemukan di lumpur atau pasir di sepanjang tepi rawa-rawa, parit, sungai, kolam dan danau. Semanggi air mudah tumbuh dan menyebar dengan cepat. Karena penyebarannya yang sangat cepat, maka harus ditanam dengan hati-hati. Semanggi air di tempat asalnya Benua Australia disebut banded nardoo

Semanggi air bisa menjadi gulma yang menggangu di kolam. Jika koloni tanaman ini menutupi permukaan air, maka akan terjadi penipisan oksigen sehingga akan membunuh ikan-ikan di dalam kolam. Tanaman ini harus dikontrol sebelum menutupi seluruh permukaan kolam.

Ciri-ciri Tumbuhan Semanggi Air

Mirip semanggi empat daun
Membentuk koloni lebat
Panjang tangkai 4-12 cm
Berkembang biak dengan cara vegetatif (geragih atau stolon)
Akarnya berupa rimpang yang ramping dan merayap

Klasifikasi Tumbuhan Semanggi Air:

Kingdom : Plantae
Divisi : Pteridophyta
Kelas : Pteridopsida
Ordo : Salviniales
Famili : Marsileaceae
Genus : Marsilea L.
Spesies : M. crenata, M. quadrifolia, M. drummondii

Baca Juga: Channel Berita Terpopuler di Dunia

3. Paku Ekor Kuda


Klasifikasi Tanaman Air | Paku Ekor Kuda
Tanaman paku ekor kuda merupakan tanaman herba tahunan yang hidup di daerah lembab atau kaya dengan kandungan air. Tanaman ini bisa tumbuh di hutan, rawa, tepi sungai dan tersebar ke seluruh dunia kecuali di daerah Kutub. Tanaman ini mudah sekali berkembang jika memiliki kandungan air yang cukup, tak khayal sehingga tanaman paku ekor kuda dijadikan tanaman pelengkap hiasan di taman kolam. Selain karena mudah perawatan, tanaman ekor kuda juga akan menambah eksotis lanskap kolam.

Tanaman paku ekor kuda tertinggi di dunia adalah spesies yang berasal dari Amerika Selatan yaitu E. giganteum, dimana spesies ini dapat tumbuh mencapai tinggi hingga 10 meter dengan diameter batang sekitar 2 cm, namun untuk mencapai tinggi tersebut tanaman ekor kuda memerlukan adanya rerumputan yang tinggi dan semak-semak di sekitarnya.

Ciri-ciri Tanaman Paku Ekor Kuda

Berkembang biak dengan cara vegetatif (tunas, spora)
Daun berupa rambut halus, tetapi tidak berkembang dengan baik
Untuk fotosintesis digunakan batang
Batangnya bersegmen dan terdapat rongga udara

Klasifikasi Paku Ekor Kuda

Kingdom : Plantae
Divisi : Pteridophyta
Kelas : Equisetopsida
Ordo : Equisetales
Famili : Equisetaceae
Genus : Equisetum
Spesies : Equisetum arvense, Equisetum fluviatile, Equisetum palustre

4. Bunga Sagittaria

Klasifikasi Tanaman Air | Bunga Segittaria
Bunga Sagittaria (Sagittaria Subulata) adalah salah satu jenis tanaman herba air yang berasal dari benua Asia dan Eropa. Tanaman ini mempunyai bunga yang indah dan apik sehingga dapat menambah nuansa keindahan tropis yang rimbun di kolam-kolam maupun fitur air lainnya. Tanaman ini sangat cocok untuk dipadukan dengan tanaman air lainnya, serta dapat ditanam di pinggir kolam sehingga membuat tampilannya kolam tampak kasual.  

Beberapa jenis tanaman bunga sagittaria mempunyai umbi bertepung (mirip dengan kentang kecil) yang dapat dipanen dan dimakan oleh manusia. Burung dan makhluk lain juga suka memakan umbi-umbian ini, sehingga perlu mewaspadai kedatangannya, karena lama-kelamaan akan merusak keindahan taman kolam.

Ciri-ciri Tanaman Bunga Sagittaria

Berkembang biak dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (umbi)
Daun berbentuk segitiga dengan tangkai yang panjang
Bunganya berwarna putih dan mempunyai 3 kelopak
Sagittaria sagittifolia, terdaftar sebagai spesies gulma beracun

Klasifikasi Tanaman Bunga Sagittaria:

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Subdivisi :  Spermatophyta 
Divisi : Magnoliophyta 
Class : Liliopsida
Subclass : Alismatidae
Ordo : Alismatales
Famili : Alismataceae
Genus : Sagittaria L.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah OPEC 20 Tahun Terakhir

5. Azolla

Klasifikasi Tanaman Air | Azolla
Azolla atau Fairy Moss adalah salah satu jenis tanaman paku yang bisa mengapung di air berasal dari wilayah Amerika Selatan. Tanaman ini akan terlihat lembut dan halus jika diletakkan di kolam. Azolla hidup mengapung bebas di permukaan air, menaungi air dan membantu mengurangi pertumbuhan ganggang.

Azolla dapat tumbuh sangat lebat menutupi permukaan air bahkan dapat membuat penghalang di mana nyamuk tidak akan bertelur, karenanya tanaman ini disebut sebagai pakis nyamuk.

Ciri-ciri Tanaman Azolla

Berkembang biak secara generatif (spora) dan vegetatif (tunas)
Daun berwarna hijau, tetapi jika sudah lama bisa berubah warna 
Akar berruas, bercabang dan memiliki rambut-rambut akar
Bisa dijadikan pupuk untuk tanaman padi

Klasifikasi Tanaman Azolla:

Kingdom : Plantae
Divisi : Pteridophyta
Kelas : Pteridopsida
Ordo : Salviniales
Famili : Salviniaceae
Genus : Azolla
Spesies : A. filiculoides Lam, A. caroliniana Willd, A. japonica Franch. & Sav. 

Baca Juga: Bukan Indonesia, Inilah Negara Produsen Beras Terbesar di Dunia

Demikian Contoh Klasifikasi tanaman air yang umumnya ditanam sebagai hiasan di kolam. Selain membuat taman kolam menjadi indah, tanaman tersebut juga mempunyai manfaat lainnya seperti dijadikan pupuk, peneduh, maupun pakan ikan.
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Contoh Klasifikasi TANAMAN AIR Hias di Kolam"