Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Tanaman Hias Semak Beserta Klasifikasi dan Cirinya

A. Pengertian Tanaman Hias Semak

Ngelmu- Tanaman Hias Semak, seperti namanya merupakan tanaman sejenis semak-semak yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman penghias, pemercantik dan pelengkap halaman rumah, taman maupun ruangan agar terlihat tampak indah saat dipandang mata. Tanaman semak hias sering kita jumpai ketika kita berjalan-jalan ke kota, dimana tanaman ini berjajar rapi di pinggir jalan dan di taman-taman kota. Selain sebagai pemercantik tanaman ini juga mempunyai adil dalam mengurangi polusi udara di perkotaan.

Tanaman semak hias tampak indah jika tanaman ini bergerombol atau berdekatan, tetapi dengan penataan yang bagus serta rapi. Sebagian tanaman ini juga mempunyai bunga yang indah dengan aneka warna serta mempunyai bentuk daun yang bermacam-macam, membuat jenis tanaman hias ini banyak digandrungi oleh masyarakat sebagai tanaman koleksi.


Di Indonesia sendiri karena merupakan salah satu negara beriklim tropis membuat negara kita memiliki keragaman jenis tanaman yang cukup tinggi. Keragaman ini meliputi bentuk, tekstur, ukuran, warna, dan aroma. Berbagai jenis tanaman banyak yang dikembangkan menjadi tanaman hias tak terkecuali tumbuhan semak. Jika kita padukan tanaman hias semak dengan berbagai jenis tanaman hias lainnya serta penataan yang serasi maka kita akan mendapati pemandangan alam buatan yang elok dengan nuansa seperti di alam sebenarnya.

Secara khusus artikel pelajaran ini dibahas tentang macam macam jenis tanaman hias semak berdasarkan taksonomi tumbuhan. Berikut akan disebutkan dan dijelaskan 5 contoh tanaman semak hias beserta klasifikasi dan ciri-cirinya:

1. Bunga Tibadadi

Gambar Tanaman Hias Semak (Bunga Tibadadi)
Tanaman bunga tibadadi atau nama latinnya kalanchoe (cocor bebek) adalah contoh tanaman semak yang dapat dijadikan tanaman koleksi, tanaman semak ini aslinya yang berasal dari negara Madagaskar, berukuran kecil dan hidup bergerombol. Tanaman ini sebagian besar adalah tanaman herba abadi, tetapi beberapa spesies merupakan tanaman tahunan.

Tanaman ini populer dijadikan tanaman hias karena kemudahan penanaman, kebutuhan air yang rendah dan memiliki banyak ragam warna yang menarik. Tanaman ini dapat berfungsi menjadi salah satu elemen dalam pembuatan taman bunga serta dapat menjadi tanaman dalam pot yang bisa dikombinasikan dengan tanaman lain dalam satu wadah.

Tanaman semak hias ini adalah tanaman pertama yang dijadikan sebagai obyek penelitian ke luar angkasa, tepatnya tahun 1971 Soviet mengirimnya ke Stasiun Luar Angkasa Salyut 1.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 6 meter, tetapi kebanyakan spesies memiliki ketinggian kurang dari 1 meter.

Baca: Jenis-jenis Tanaman Hias Pohon dan ciri-cirinya

Ciri-ciri Tanaman Bunga Tibadadi

Daun berwarna hijau dan bergerigi
Bunganya beraneka ragam diantaranya merah menyala, pink, atau kuning
Berakar serabut
Berkembang biak dengan cara vegetatif (stek daun, stek batang dan tunas)

Klasifikasi Ilmiah Bunga Tibadadi

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Saxifragales
Famili: Crassulaceae
Genus: Kalanchoe
Seksi: Bryophyllum
Spesies: Kalanchoe sp.


2. Bunga Pukul Empat

Gambar Bunga Pukul Empat
Bunga pukul empat atau bunga pecah empat dalam bahasa Inggris dikenal dengan Marvel of Peru merupakan contoh tumbuhan semak (tanaman herba tahunan) yang berasal dari Amerika Selatan. Bunga tanaman hias ini mempunyai banyak warna seperti merah, kuning, dsb. Tanaman ini dapat tumbuh hingga tinggi 20-80 cm.

Disebut bunga pukul empat sore karena bunga ini dapat mekar sempurna sekitar jam empat sore dan akan kuncup kembali saat fajar. Hal ini disebabkan adanya rangsangan cahaya yang biasanya dikenal dengan fotonasti. Tanaman hias ini dapat dijadikan penyemarak taman jika ditanam beraneka warna bunga. Sekaligus menjadi pembatas taman jika ditanam secara bergerombol.

Ciri-ciri Bunga Pukul Empat:

Daunnya berbentuk hati, berwarna hijau
Berakar serabut
Bunganya seperti terompet, beraneka warna dari merah, putih, kuning dll.
Buahnya bulat hitam dengan tekstur keras
Cara perbanyaknya secara generatif (biji)

Klasifikasi Ilmiah Bunga Pukul Empat

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Hamamelidae
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nyctaginaceae
Genus: Mirabilis
Spesies: Mirabilis jalapa L.


3. Bunga Pagoda

Gambar Tanaman Hias Semak (Bunga Pagoda)
Bunga pagoda adalah tumbuhan semak yang banyak dijadikan tanaman hias, biasanya hidupnya bergerombol dan akan terlihat membentuk sebuah pagoda pada ujung dahannya. Tanaman ini mekar secara serentak dan hanya bisa bertahan seminggu saja, setelah itu akan mulai berguguran bunganya. Tanaman ini mempunyai bunga berwarna merah yang tampak mencolok diantara warna hijau dedaunan.

Bunga pagoda biasanya ditanam di pekarangan rumah, taman ataupun di pingir jalan. Selain menjadi objek yang menarik untuk dilihat tanaman ini juga berfungsi sebagai tanaman pembatas jalan dan tanaman tabir jika disusun dengan pola sejajar dan modifikasi. Di Pulau Jawa tanaman ini dikenal dengan kembang srigunggu.

Ciri-ciri Tanaman Bunga Pagoda

Daunnya berbentuk bulat dengan ujung yang runcing
Batangnya berkayu lunak
Berkembang biak dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (stek, cangkok)
Mempunyai bunga majemuk berwarna merah

Klasifikasi Bunga Pagoda

Kingdom: Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Euphorbiales
Famili : Verbenaceae
Genus : Clerodendrum
Spesies : Clerodendrum japonicum (Thunb.) Sweet


4. Tanaman Zodia

Tanaman zodia adalah contoh tanaman hias semak endemik Indonesia khusunya Pulau Papua, tetapi mulai banyak dibudidayakan di tempat lain termasuk di Pulau Jawa. Tanaman ini masih termasuk dari suku jeruk-jerukan dan dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian 400-2000 meter di atas permukaan laut. Di daerah asalnya, orang Papua banyak menggunakannya sebagai tanaman pengusir serangga (nyamuk) dengan mengoleskan daunnya ke seluruh tubuh.

Tanaman zodia ini dapat dijadikan tanaman hias dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan (indoor), selain itu juga bisa ditanam di luar (outdoor) seperti halaman rumah. Tanaman ini memiliki aroma yang khas jika daunnya bergesekan, aroma inilah yang mampu menghilangkan bau yang tak sedap dan dapat mengusir serangga yang tidak diinginkan.

Ciri-ciri Tanaman Zodia

Daunnya pipih, memanjang, agak lentur dan berwarna kuning
Tingginya dapat mencapai 2 meter
Dikembang biakkan dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (setek batang)
Mempunyai satu akar tunggang

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Zodia

Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Subdivisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Euodia
Spesies: E. suaveolens

5. Tanaman Gandasuli

Gambar Tanaman Bunga Gandasuli
Contoh tanaman hias semak adalah tanaman gandasuli yang aslinya berasal dari negara India. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah lembab dengan ketinggian hingga 1900 meter diatas permukaan laut. Hidupnya berkelompok serta dapat tumbuh mencapai tinggi 2 meter.


Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman gandasuli juga dapat dijadikan tanaman pembatas. Bagi kesehatan, tanaman gundasuli berkhasiat mengobati berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, pilek, sakit kepala, rematik, pegal linu dan sebagainnya.

Ciri-ciri Tanaman Gandasuli

Daunnya berbentuk lanset
Mempunyai rimpang beruas-ruas
Berkembangbiakan secara vegetatif (rimpang)
Bungannya berwarna putih berbau harum
Batangnya semu ditutupi pelepah
Berakar serabut

Klasifikasi Tanaman Gandasuli (Hedychium coronarium)

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Sub Kelas:Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Zingiberaceae
Genus: Hedychium
Spesies: Hedychium coronarium Koenig

Sumber Bacaan:

Barus, K. F. 2013. Aktivitas Antikonvulsi Ekstrak Etanol Bunga Pagoda (Clerodendrum japonicum (Thunb.) Sweet) pada Mencit Jantan yang Diinduksi dengan Isoniazid. Medan: USU
Garsinia Lestari, S. P., & Ira Puspa Kencana, S. P. (2015). TANAMAN HIAS LANSKAP (EDISI REVISI). Penebar Swadaya Grup.
https://id.wikipedia.org
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Contoh Tanaman Hias Semak Beserta Klasifikasi dan Cirinya"