Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Penduduk Dunia Berdasarkan Agama

Jumlah Penduduk Dunia Berdasarkan Agama

Jumlah penduduk dunia Berdasarkan agama pada tahun 2015 seperti yang dikutip dari hasil analisis demografis oleh Pew Research Center. Jumlah total penduduk dunia adalah sekitar 7,3 miliar orang, dan Agama Kristen masih menjadi agama terbesar di dunia pada tahun 2015. Kurang lebih ada sebanyak 2,3 miliar penganut Agama Kristen atau hampir sepertiga (31,2%) dari penduduk dunia. Sedangkan Agama Islam menempati peringkat selanjutnya dengan penganut terbesar kedua di dunia dengan 1,8 miliar orang atau sekitar 24,1% dari total penduduk di dunia.



Jumlah penduduk dunia yang tidak berafiliasi dengan suatu agama apapun menempati peringkat ketiga. Mereka diperkirakan berjumlah sekitar 1,2 miliar orang atau hampir 16% dari total penduduk dunia. Selanjutnya Agama Hindu mempunyai penganut sekitar 1,1 miliar orang atau 15,1% dari populasi penduduk dunia. Kemudian diikuti oleh Agama Budha yang mempunyai jumlah pemeluk sekitar 6,9% atau 500 juta orang. Jumlah penduduk yang menganut Agama Rakayat, Yahudi dan Agama lainnya mempunyai jumlah yang sedikit dibandingkan dengan agama lainnya.

Menurut hasil analisis Pew Research Center, Agama Kristen mempunyai angka kelahiran dan kematian terbanyak di dunia dibandingkan dengan kelompok agama lainnya. Diperkirakan sekitar 223 juta bayi orang kristen yang lahir dan ada sekitar 107 juta orang kristen yang meninggal antara tahun 2010 sampai 2015.

Baca Juga: 2019, Perkiraan Populasi Penduduk Dunia Tahun 2030 dan 2050
Baca Juga: Bukan Indonesia, Inilah Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Tetapi di Benua Eropa menunjukkan angka sebaliknya, dimana angka kematian lebih besar daripada angka kelahiran, sebanyak 6 juta dalam periode singkat ini. Di Jerman saja, diperkirakan angka kematian melebihi kelahiran ada sekitar 1,4 juta.



Faktanya di benua Eropa, orang islam dan orang yang tidak terafiliasi dengan agama apapun mengalami peningkatan alamiah dari total populasi mereka, dari laporan terbaru diperkirakan angka kelahirannya lebih banyak daripada kematian, masing-masing sebanyak 2 juta dan 1 juta antara tahun 2010 dan 2015.

Secara global, agama islam menjadi agama dengan peningkatan alami terbesar dibandingkan dengan semua agama di dunia. Angka Kelahiran Muslim antara 2010 sampai 2015 melebihi jumlah kematiannya, sebesar 152 juta (213 juta kelahiran dan 61 juta kematian). Meskipun secara global, semua agama utama mempunyai angka kelahiran lebih banyak daripada kematian.
Jumlah penduduk dunia berdasarkan agama menurut agamanya tahun 2015 di dunia.
Baca Juga: Prodi Baru UNNES Tahun 2019

Referensi: http://www.pewresearch.org
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Jumlah Penduduk Dunia Berdasarkan Agama"