Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2019 Perkiraan Jumlah Populasi dan Pertumbuhan Penduduk Dunia Tahun 2030 dan 2050

Berbicara tentang penduduk dunia mungkin tidak bisa lepas dari jumlahnya yang setiap tahun semakin bertambah. Pada Februari 2019, lebih dari 7,71 miliar jumlah populasi penduduk dunia, dan setiap harinya jumlah ini mengalami penambahan. Walaupun begitu, di beberapa negara, pertumbuhan penduduknya justru mengalami pelambatan atau bahkan penurunan


Negara China masih menjadi negara dengan populasi terbanyak di dunia, jumlah penduduknya mencapai 1,48  miliar. China merupakan salah satu dari dua negara selain India yang populasinya mencapai 1 miliar. Pada 2019 populasi penduduk India melebihi 1,363 miliar orang. Namun, diperkirakan akan terus bertambah setidaknya hingga 2050. India diperkirakan akan menjadi negara dengan populasi terbanyak di dunia pada tahun 2030. Ini dikarenakan populasi India mengalami penambahan, sedangkan China mengalami penurunan.


Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, Pakistan, Nigeria, Bangladesh, Rusia, Meksiko, Jepang, Ethiopia, dan Filipina adalah negara yang mempunyai populasi ratusan juta. Semua negara ini diperkirakan akan terus tumbuh kecuali Rusia dan Jepang, yang akan mengalami penurunan populasi pada tahun 2030 dan akan turun secara signifikan pada 2050.

Meskipun banyak negara memiliki populasi menyentuh angka ratusan juta jiwa, namun ada juga negara yang hanya memiliki ribuan jiwa. Populasi terkecil di dunia adalah negara Vatikan, di mana hanya 797 orang yang tinggal.

Baca Juga: Contoh Kearifan Lokal Wonosobo

Pada Februari 2019, populasi penduduk dunia mengalami pertumbuhan 1,10%. Kurun lima tahun sejak tahun 1970-an, tingkat pertumbuhan terus mengalami penurunan. Namun diperkirakan populasi dunia kedepannya akan terus meningkat, meskipun lebih lambat. Pada tahun 2030, populasi penduduk dunia akan melebihi 8 miliar. Jumlah  ini akan tumbuh menjadi lebih dari 9 miliar pada 2040. Pada tahun 2055, populasi akan melebihi 10 miliar. PBB memperkirakan pertumbuhan populasi tahunan sampai saat ini adalah lebih dari 80 juta jiwa setiap tahun.


Pertumbuhan ini dipengaruhi dari sembilan negara yang berkontribusi karena pertumbuhan populasi lebih cepat daripada negara lain. Negara-negara ini meliputi Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, India, Indonesia, Nigeria, Pakistan, Uganda, Republik Tanzania, dan Amerika Serikat.

Pertumbuhan ini juga tidak terlepas dari meningkatnya harapan hidup dunia dalam beberapa tahun terakhir, yang mencapai lebih dari 70 tahun. Pada tahun 2050 diperkiraan harapan hidup dunia akan mencapai usia hampir 77 tahun. Faktor-faktor penting yang memengaruhi hal ini dintaranya kemampuan untuk mengurangi dampak AIDS / HIV, serta mengurangi tingkat penyakit menular dan tidak menular.

Baca Juga: Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Mempunyai Sawah

Referensi:
http://worldpopulationreview.com/
https://pixabay.com/
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "2019 Perkiraan Jumlah Populasi dan Pertumbuhan Penduduk Dunia Tahun 2030 dan 2050"