Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Mempunyai Sawah

Lima negara penghasil beras di dunia selain Indonesia. Setiap negara berusaha memenuhi kebutuhan negaranya dan juga untuk mencapai swasembada. Dari 5 negara ini terdapat 4 negara yang telah menjadi pengekspor beras terbanyak di dunia.

Baca Juga: CONTOH TANAMAN KERAS: KAMPUS UNNES

1. Vietnam

Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki luas wilayah 331.051 kilometer persegi. Negara ini mempunyai luas lahan pertanian 33 juta hektare dan 30% nya digunakan untuk menanam padi.



Vietnam merupakan negara pengekspor beras terbanyak ketiga di dunia. Negara ini juga memiliki julukan sebagai lubung padi dunia. Menurut United State Department of Agriculture pada tahun 2017-2018 produksi beras Vietnam mencapai sekitar 28,00 juta ton, dan sebanyak 5,8 juta ton diekspor ke negara lain seperti Amerika, Afrika dan Asia.

2. Thailand

Sebagai negara yang mempunyai wilayah di daerah tropis, Thailand sangat cocok untuk bercocok tanam. Negara yang memiliki populasi 68,9 juta dan 13 jutanya merupakan petani. Thailand menggunakan sekitar 500 ribu meter persegi untuk lahan pertanian dan sebanyak 43,3% ditanami padi atau sekitar 221 ribu meter persegi.



Thailand merupakan negara pengekspor beras terbesar kedua dibawah India dan menguasai 22% pangsa pasar dunia. Pada tahun 2018 Thailand berhasil mengekspor sekitar 11,13 juta ton beras (Bangkok Post, Januari 2019).

Baca Juga: CONTOH TANAMAN OBAT DI KAMPUS UNNES


3. China





China adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Sekitar 1,339 miliar manusia hidup di negara ini. China mempunyai luas wilayah 9,597 juta kilometer persegi dan sebesar 5 juta kilometer persegi dijadikan lahan pertanian. Mungkin salah satu alasan negara China berusaha mengembangkan pertanian sedemikian besarnya untuk memenuhi kebutuhan beras negaranya.

China adalah negara penghasil beras terbesar di dunia. Produksi beras China mencapai 212,68 juta ton (Statista, 2017). Sekitar 30% produksi beras dunia disumbang oleh negara China. Berbagai cara dilakukan China untuk bisa meningkatkan produksi beras diantaranya dengan bekerjasama dengan lembaga penelitian internasional untuk mengembangkan varietas padi unggul, memberi pelatihan kepada petani dan juga berekspansi dengan membeli atau menyewa lahan di negara lain.


4. Pakistan




Pakistan adalah salah satu negara yang terletak di Asia Selatan. Pada tahun 2016-2017 Pakistan menjadi penghasil padi terbesar ke-4 di dunia. Negara ini juga memenguasai 8% pangsa pasar dunia. Sehingga padi menjadi tanaman penting bagi perekonomian negara.

Tahun 2016-2017 pakistan memproduksi 6,7 juta ton beras, dan sekitar 4 juta diekspor ke negara-negara tetangga, Timur Tengah dan Afrika. Sindh dan Punjab  merupakan wilayah yang subur untuk ditanam padi di mana sebagian besar penduduk adalah petani. Salah satu varietas padi Pakistan adalah Basmati yang masyhur karena kualitas dan rasanya (Wikepedia).

5. India

India adalah negara dengan penduduk terbesar kedua setelah China. Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat India. Pada tahun 2014 Sekitar 44,1 juta hektar lahan di India merupakan persawahan, namun pada tahun 2017 mengalami penyusutan lahan dimana lahan yang ditanami padi hanya sebesar 43,2 juta hektar.



India merupakan produsen terbesar kedua setelah China dan termasuk negara yang telah swasembada beras. India merupakan pengekspor utama beras di dunia, lebih dari 10 juta ton beras berhasil diekspor pada tahun 2016-2017. Diantara negara tujuan ekspor beras India yaitu Arab Saudi, Iran, UAE dan lain-lain.

Demikian, semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk para pemabaca yang budiman. Syukron katsiron Ya Akhy telah berkunjung kesini.

Baca Juga: LAPORAN HASIL OBSERVASI KEARIFAN LOKAL WONOSOBO

Referensi:
http://agricoop.gov.in/sites/default/files/Rice%20profile%20April%2C%202018.pdf
https://pixabay.com
https://www.statista.com
https://www.wikipedia.org

IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Mempunyai Sawah"