Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri, Gambar dan Klasifikasi Tanaman Jagung Manis

Klasifikasi, Gambar dan Ciri ciri Tanaman Jagung Manis

Kalian sedang mencari materi mengenai ciri-ciri tanaman jagung manis, Klasifikasi jagung manis beserta gambar dan penjelasannya? Tepat sekali kalian berkunjung ke blog sederhana ini, tidak lupa kami juga menawarkan banyak informasi mengenai jenis dan klasifiikasi tumbuhan lengkap pada Artikel Kumpulan Berbagai Klasifikasi Tanaman Lengkap.

Tetapi pada update kali ini, kami akan membahas seputar tanaman jagung manis mulai dari deskripsi, morfologi, taksonomi, habitat hingga syarat-syarat yang mendukung tumbuhnya tanaman jagung manis yang baik, simak pada ulasan kami di bawah ini.

A. Pengertian  Tanaman Jagung Manis

Tanaman jagung manis merupakan salah satu contoh tanaman pangan dari jenis serealia atau tanaman biji-bijian, tanaman ini juga termasuk jenis tanaman palawija dari keluarga rerumputan (Gramineae) yang banyak di budidayakan oleh petani di Inodnesia. 

Jagung manis sangat berbeda dari jagung biasanya, salah satu keunikannya adalah rasanya yang lebih manis jika dibandingkan dengan jenis tanaman jagung lainnya.


Gambar Tanaman Jagung Manis
Nama Latin jagung manis adalah Zea mays saccharata, tumbuhan ini aslinya berasal dari benua Amerika tetapi dengan adanya perdagangan dan kolonialisme oleh bangsa barat membuat tanaman ini tersebar luas ke Benua Asia dan Afrika.

B. Klasifikasi Tanaman Jagung Manis

Berdasarkan sistem tingkatan klasifikasi pada dunia tumbuhan, Taksonomi Jagung manis adalah sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Kelas : Monocotyledonae
Ordo : Graminae
Famili : Graminae
Genus : Zea
Spesies : Zea mays saccharata Sturt
Baca Juga: Berbagai Jenis Klasifikasi Tanaman Cabai

C. Ciri ciri Tumbuhan Jagung Manis

Pada umumnya ciri ciri tanaman jagung manis adalah sebagai berikut:

1. Akar Jagung Manis

Ciri ciri akar tanaman jagung adalah jenis akar serabut yang terdiri atas tiga type akar, yaitu seminal, adventif, dan akar udara. Akar seminal merupakan akar yang tumbuh dari radikula dan embrio. Akar adventif atau akar tunjang merupakan akar yang tumbuh pada bagian buku paling bawah berkisar 4 cm dari permukaan tanah. Sementara akar udara merupakan akar yang muncul dari dua atau lebih buku terbawah dekat permukaan tanah. Sedangkan untuk Sistem perakarannya, jagung manis  terbagi atas akar-akar seminal, koronal, dan akar udara.

2. Batang Jagung Manis

Ciri ciri batang jagung manis yaitu batang tegak dan tidak bercabang, berruas-ruas (buku) sekitar 10-40 ruas. Tinggi tanaman ini berkisar antara 1,5-2.5 m tergantung varietas, dan terbungkus oleh pelepah daun dari masing-masing ruas. Batang tanaman jagung manis berbentuk silindris dengan diameter antara 3-4 cm.

Baca: Klasifikasi Tanaman Kelor dan Manfaatnya

3. Daun Jagung Manis

Ciri ciri daun jagung manis berbentuk memanjang dengan ujung yang runcing dan mempunyai pelepah yang tumbuh diantara ruas-ruas batang. Sisi-sisi helai daun bersifat tajam, sehingga perlu berhati-hati ketika sedang berkunjung ke kebun jagung, karena  jika tidak kulit kita bisa saja terluka atau tergores.

4. Bunga Jagung Manis

Jagung manis memiliki 2 jenis bunga yaitu bunga jantan dan bunga betina, keduanya terletak terpisah antara satu sama lain (monoecious). Bunga jantan atau benang sari berada pada puncak tanaman, tetapi bunga betina atau putik berada di bagian ruas-ruas batang dan pelepah daun. karena letaknya yang cukup jauh maka penyerbukannya dibantu oleh serangga ataupun angin.

5. Tongkol dan Biji

Buah Jagung adalah bagian yang dihasilkan dari proses perkawinan pada tumbuhan dan berada di bagian batang dan pelepah daun jagung manis. Buah jagung terdiri atas bagian pembungkus yang dikenal dengan nama klaras atau klobot. Bagian lainnya adalah biji dan tongkol, bagian biji merupakan bagian yang sangat penting karena menjadi bahan pangan pokok oleh sebagin masyarakat. Selain itu biji juga bisa ditanam kembali untuk memperoleh tumbuhan jagung selanjutnya. Bagian tongkol atau janggel merupakan tempat menempelnya biji-biji jagung manis tersebut.

Baca Juga: Pengertian dan Penjelasan Tanaman Keras

D. Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Manis

Ada beberapa faktor yang membuat tanaman jagung manis dapat berkembang dan menghasilkan buah yang cukup bagus, antara lain.

1. Habitat Tanaman Jagung Manis

Habitat jagung manis berada wilayah yang mempunyai iklim tropis maupun subtropis. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah  dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut.

2. Faktor Iklim

Seperti yang sudah diketahui bahwa tanaman jagung manis bisa tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis, selain itu perkembangan tanaman ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti suhu, curah hujan, dan lain-lain. Keadaan suhu yang ideal bagi tanaman jagung manis berkisar 23 ֯C – 27 ֯C. Suhu yang paling optimal agar perkecambahan berlangsung cepat adalah pada suhu sekitar 25 ֯C dan tetapi pada suhu diatas suhu 40 ֯C dapat berakibat perkecambahan yang kurang optimal bahkan rusak. Curah hujan yang bagus bagi tanaman jaguang manis 85-200 mm/bulan.

3. Sifat Tanah

Budidaya tanaman jagung manis dapat dilakukan pada daerah yang mempunyai jenis tanah Andosol, latosol, dan Grumosol. Tetapi yang paling baik untuk pertumbuhan tanaman jagung manis adalah jenis Latosol. Selain itu tanah tersebut harus bersifat subur, gembur, dan tidak kering. Serta tesedia cukup air baik dari penyiraman manual ataupun mengandalkan air hujan. Tingkat keasaman tanah berkisar antara 5,6-7,5.

Baca Juga: Contoh Klasifikasi Buah-buahan

Tinjaun Pustaka Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung Manis :

http://eprints.umm.ac.id/51751/3/SKRIPSI%20BAB%20II.pdf 
http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/1637/5/128210011_file5.pdf 
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/15348/f.%20Bab%20II.pdf?sequence=6&isAllowed=y
http://digilib.unila.ac.id/12508/8/II.pdf 
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri, Gambar dan Klasifikasi Tanaman Jagung Manis"