Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Contoh dan Klasifikasi Tanaman Hortikultura

Daftar Contoh dan Klasifikasi Tanaman Hortikultura

Halo sahabat pelajar, buat kamu yang sedang mencari referensi untuk membuat makalah tentang (klasifikasi) tanaman hortikultura. Beruntung sekali kalian mengunjungi blog ini, karena pada artikel kali ini admin akan coba mengulas materi seputar tanaman hortikultura mulai dari pengertian tanaman hortikultura, daftar pengelompokkan tanaman hortikultura, terakhir contoh dan klasifikasi jenis-jenis tanaman hortikultura beserta gambarnya, simaklah artikel berikut.

A. Pengertian Tanaman Hortikultura

Apa itu tanaman hortikultura? Tanaman hortikultura adalah jenis tanaman pertanian yang dibudidayakan secara intensif pada area kebun atau ladang serta diharapkan dapat menghasilkan berbagai macam sumber daya konsumsi ataupun sekadar sebagai tanaman keindahan. Budidaya tanaman hortikultura pada zaman sangatlah menguntungkan, hal ini karena kebutuhan masyarakat akan konsumsi pangan nabati seperti sayuran, buah-buahan dan tanaman obat semakin meningkat.

Selain tanaman pangan, bertanam tanaman hortikultura menjadi alternatif bagi sebagian besar petani yang ada di Indonesia. Tak heran banyak petani yang menanamnya di ladang atau kebun mereka, tetapi ada juga sebagian orang yang menanam tanaman ini di area pekarangan rumahnya. Berbeda dengan tanaman hortikultura yang ditanam di ladang atau kebun, bercocok tanam di area sekitar rumah hanyalah sebagai tanaman untuk konsumsi keluarga sehari-hari.

Ciri khas tanaman hortikultura diantaranya merupakan tanaman yang tidak mudah bertahan lama, tidak dapat dipanen sepanjang tahun (musiman), mempunyai wilayah tanam yang spesifik atau terbatas pada daerah tertentu.

B. Pengelompokan Tanaman Hortikultura

Pengelompokan (klasifikasi) tanaman hortikultura berdasarkan jenis tanaman nya dapat dibedakan menjadi 5 jenis yaitu :

  • Pomologi / Frutikultur adalah contoh tanaman hortikultutra yang berasal dari jenis tanaman buah-buahan contohnya Nangka, Mangga, Pepaya, Durian, Pisang, Melon, Jeruk dan sebagainya
  • Florikultura merupakan tanaman hortikultura yang masuk pada jenis tanaman hias atau bunga, seperti Anggrek, Melati, lili, Mawar, Sedap malam, Krisan, Anyelir, Bugenvil, dan berbagai jenis tanaman hias lainnya.
  • Olerikultura adalah tanaman hortikultura yang masuk ke dalam jenis tanaman sayur-sayuran contohnya Berbagai Jenis Cabai, Tomat, Seledri, Bayam, Kubis, Wortel, Kacang Panjang, Kentang dan sebagainya
  • Biofarmaka adalah contoh tanaman hortikultura yang berasal dari jenis tanaman obat-obatan diantaranya Purwoceng, Jahe, Rosela, Asam Jawa, Kunyit, dll
  • Lansekap, merupakan kumpulan berbagai jenis tanaman hortikultura yang dibuat sebagai objek keindahan tetapi dengan mempertimbangkan tampilan yang akan dibuat contonya Taman Bali, Taman Jawa, dll

C. Contoh dan Klasifikasi Tanaman Hortikultura

Banyak sekali tanaman yang termasuk contoh tanaman pertaniana hortikultura (disertai nama latinnya). Berikut beberapa contoh klasifikasi tanaman hortikultura beserta penjelasan dan gambarnya.

1. Cabai Rawit


Gambar Klasifikasi Tanaman Hortikultura Cabai Rawit
Cabai rawit adalah contoh tanaman pertanian hortikultura dari jenis sayuran. Berbeda dari Jenis cabai lainnya, cabai rawit berukuran sangat kecil dan pendek. Tetapi cabai jenis ini merupakan salah satu cabai terpedas yang ada di dunia. Bagi masyarakat cabai rawit merupakan cabai populer untuk dijadikan bahan membuat sambal aau hanya sebagai bumbu pelengkap masakan pedas.

Klasifikasi Tanaman Cabai Rawit

Berdasarkan ilmu taksonomi pada tumbuhan, berikut tanaman Cabai Rawit dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo : Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Capsicum
Spesies: Capsicum frutescens L.
2. Semangka


Klasifkasi Tanaman Hortikultura Semangka
Buah Semangka merupakan contoh tanaman hortikultura dari jenis tanaman buah-buahan yang banyak dibudidakan oleh petani di Indonesia. Semangka merupakan tanaman merambat yang memiliki daun menjari dan berwarna hijau. Tanaman ini menghasilkan buah berbentuk bulat, berukuran cukup besar dan isinya berwarna merah atau kuning. Contoh tanaman hortikultura jenis buah bisa kalian baca pada artikel sebelumnya Klasifikasi Berbagai Jenis Tanaman Buah.

Klasifikasi ilmiah Tanaman Semangka

Berdasarkan taksonomi pada tumbuhan, Tanaman Semangka dapat diklasifikasikan seperti berikut.
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo : Curcubitales
Famili: Curcubitaceae
Genus: Citrullus
Spesies: Citrullus lanatus
3. Mawar Merah


Gambar (Daftar) Tanaman Hortikultura Mawar
Mawar  merah adalah salah satu jenis tanaman hortikultura yang dibudidayakan sebagai objek keindahan. Terutama bagian bunganya, Selain merah tanaman mawar memiliki macam macam warna bunga seperti Biru, hitam, kuning, pink dsb. Bunga tanaman mawar sangat cocok digunakan pada momen-momen spesial seperti momen besama pasangan hidup.

Klasifikasi Tanaman Hias Mawar

Berdasarkan taksonomi pada tumbuhan, Bunga mawar dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili: Rosaceae
Genus: Rosa
Spesies: Rosa hybrida Hort.
4. Tomat


Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura: Tomat
Tanaman yang mempunyai nama latin Lycopersicumes culentum adalah salah satu contoh tanaman hortikultura yang berasal dari jenis tanaman sayur mayur. Tanaman hortikultura satu ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan sangat menguntungkan jika dibudidayakan dalam skala besar. Meskipun begitu tanaman ini perlu perawatan yang cukup intensif, karena tomat sangat rentan terhadap serangan hama dan juga kondisi air disekitar.

Baca juga: Klasifikasi Tanaman Sejuta Manfaat (Daun Kelor)

Klasifikasi ilmiah Tanaman Tomat

Berdasarkan taksonomi pada tumbuhan, berikut Klasifikasi ilmiah tanaman tomat.
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo : Solanase
Famili: Solanaceae
Genus: Solanum
Spesies: Solanum lycopersicum L.
5. Purwoceng


Gambar Tanaman Hortikultura : Purwoceng
Purwoceng merupakan tanaman hortikultura dari jenis tanaman obat. Purwoceng termasuk tanaman obat yang berasal dari Indonesia yang keberadaannya mulai langka dan hampir punah. Tanaman hortikultura ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi karena purwoceng dipercaya sebagai obat berkhasiat seperti sebagai afrodisiak, diuretik, dan tonik. Tanaman ini sangat terkenal di Daerah Dataran Tinggi Dieng (Kab. Wonososbo), bahkan telah menjadi salah satu oleh-oleh khas jika ke Dieng.

Klasifikasi ilmiah Purwoceng

Berdasarkan sistem taksonomi pada tumbuhan, tanaman purwoceng dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
Kingdom: Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Famili : Apiaceae
Genus : Pimpinella
Spesies : Pimpinella pruatjan Molk.
Demikian penjelasan mengenai klasifikasi tanaman hortikultura yang biasanya ditanam oleh petani di Indonesia. Jika kalian tertarik untuk mengetahui Klasifikasi berbagai jenis tanaman lainnya, kalian dapat simak artikel mengenai Kumpulan Klasifikasi Tanaman Lengkap.
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Daftar Contoh dan Klasifikasi Tanaman Hortikultura"