Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deskripsi dan Klasifikasi Tanaman Sereh Beserta Manfaatnya

Deskripsi dan Klasifikasi Tanaman Sereh Beserta Manfaatnya

Halo sobat semua, pada artikel ini admin Blog SALAM PIKIR akan membahas materi seputar tanaman sereh atau serai. Semoga infromasi ini bisa membantu kalian yang sedang mencari referensi untuk pembuatan makalah tanaman sereh Pdf. Lalu yang akan admin bagikan adalah mengenai deskripsi tanaman sereh, morfologi tanaman sereh, klasifikasi tanaman sereh dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

1. Deskripsi Tanaman Sereh

Tanaman sereh (serai) adalah sejenis tanaman rumput-rumputan yang banyak digunakan sebagai tanaman rempah untuk bumbu masakan. Tanaman yang dapat hidup tahunan ini banyak ditanam di berbagai negara-negara yang mempunyai iklim tropis. Nama ilmiah tanaman serah yang banyak digunakan adalah Cymbopogon Citratus.

Pada dasarnya tanaman sereh terbagi ke dalam 2 jenis yaitu sereh dapur dan sereh wangi. Sereh dapur merupakan sereh yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masakan, sedangkan tanaman sereh wangi merupakan bahan utama untuk pembuatan minyak/lotion pengusir nyamuk. 

Gambar Klasifikasi Tanaman Sereh
Selain itu tanaman sereh banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan obat tradisional. Tanaman ini di berbagai daerah mempunyai banyak nama lokal seperti sere (Jawa), sorai atau sange-sange (Sumatera), hisa (Maluku), nau sina (Nusa Tenggara), balangkak, senggalau (Kalimantan) dan lainnya.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Pohon Lengkap Beserta Gambarnya

2. Morfologi atau Ciri-ciri Tanaman Serah

Daun Tanaman Sereh

Daun sereh tergolong daun tunggal panjang dengan pelepah berbentuk silindris. Umumnya berwarna hijau dengan sebagian berwarna putih di bagian pelepah. Panjangnya bisa mencapai 1 meter dengan lebar sekitar 1,5 cm. Bagian daun inilah yang menimbulkan bau yang khas.

Akar Tanaman Sereh

Akar Tanaman Sereh memiliki akar serabut, sistem perakarannya kuat dan menembus ke dalam tanah. Tanaman ini biasanya hidup bergerombol dan membenruk rumpun.

Batang Tanaman Sereh

Tanaman ini dapat tumbuh hingga 50-100 cm. Untuk jenis Sereh wangi atau citronella grass memiliki batang berwarna hijau sampai merah keunguan. 

Bunga Tanaman Sereh

Bunga tanaman sereh terdiri dari beberapa bagian diantaranya kelopak, mahkota, benag sari, putik dan bagian lainnya. Kelopaknya akan berubah menjadi palea (dua unit) dan lemma atau sekam (satu unit). Sedangkan mahkotanya bermetamorfosis menjadi dua kelenjar lodicula yang fungsinya memekarkan bunga di pagi hari. Terdapat 3-6 benang sari dan kepala putik membentuk bulu dengan percabangan berbentuk jambul.

Baca Juga: Klasifikasi Tanaman Sejuta Manfaat (Daun Kelor)

3. Klasifikasi Tanaman Sereh

Berdasarkan sistem taksonomi pada tumbuhan, klasifikasi tanaman sereh adalah sebagai berikut.
Kingdom : Plantae
Divisio   : Magnoliophyta
Kelas   : Liliopsida
Order   : Poales
Family   : Poaceae
Genus   : Cymbopogon
Species : Cymbopogon citratus, Cymbopogon flexuosus
4. Manfaat Tanaman Sereh

Banyak sekali manfaat tanaman sereh khususnya untuk kesehatan, tanaman ini biasanya digunakan sebagai ramuan teh herbal dan juga campuran obat tradisional. Berikut beberapa manfaat tanaman sereh bagi manusia. 

  • Mengurangi depresi
  • Sebagai obat lotiom nyamuk
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menhgatasi masalah bau mulut
  • Meredakan nyeri otot dan sendi
  • Sebagai obat antibiotik
  • Membantu mencegah penyakit kanker
  • Mengatasi asam urat dan kolesterol
  • Membantu mengatasi gangguan menstruasi
  • Menyembuhkan sakit mata

Baca Juga: Klasifikasi Berbagai Jenis Tanaman Cabai

5. Habitat tanaman sereh

Tanaman sereh dapat tumbuh pada daerah dengan iklim tropis dengan ketinggian daratan antara 50-2.700 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini menyukai daerah yang lembab, dengan curah hujan relatif tinggi dan sinar matahari yang cukup.

Di Indonesia tanaman sereh banyak ditanam khususnya di Pulau pada dataran rendah dengan ketinggian 60-140 m dpl, tanaman ini mudah ditemui di pinggir jalan ataupun persawahan.

Tinjaun Pustaka Tanaman Sereh

Aulia, D.N., 2016. Uji Aktivitas Diuretik Ekstrak Etanol Akar Sereh Wangi (Cymbopogon Nardus L. Rendle) pada Tikus Wistar Jantan (Doctoral dissertation, Fakultas MIPA (UNISBA)).

Setiawati Rizki Utami, T., 2018. Uji Efektivitas Ekstrak Etanol Sereh Merah (Cymbopogon Nardus (L) Rendle) Dalam Membasmi Larva Aedes Aegypti (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kupang).

Dewi, D.N.S., 2015. Aktivitas Antibakteri Minyak Atsiri Batang Sereh (Cymbopogon Citratus) Terhadap Propionibacterium Acnes Secara In Vitro.

https://id.wikipedia.org/wiki/Serai
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Deskripsi dan Klasifikasi Tanaman Sereh Beserta Manfaatnya"