Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Farmasi dan Sistem Informasi, Prodi Baru UNNES Masuk 10 Besar Prodi Terketat SBMPTN 2019

Farmasi dan Sistem Informasi, Prodi Baru UNNES Masuk 10 Besar Prodi Terketat SBMPTN 2019

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020, Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuka setidaknya tiga progam studi (prodi) baru antara lain Prodi Farmasi Unnes, Prodi Sistem Informasi Unnes (S1), dan Prodi Ilmu Lingkungan (S1). Prodi Farmasi UNNES (S1) dimasukkan ke dalam jurusan Kimia, Sistem Informasi (S1) tergabung kedalam jurusan Ilmu Komputer (Ilkom), dan terakhir Ilmu Lingkungan (S1) masuk kedalam jurusan IPA Terpadu. Ketiga prodi tersebut masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES).


Farmasi medicine (Pixabay)
Selasa, 9 Juli 2019 telah diadakan jumpa pers terkait pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019. Dalam siaran langsungnya Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Jakarta memaparkan dari total 714.652 peserta yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Kompruter (UTBK) terseleksi 168.742 peserta yang lolos dan diterima di 85 PTN di seluruh Indonesia. Artinya hanya 23% saja peserta yang diterima lewat jalur SBMPTN 2019.

Selain itu, beliau juga memaparkan data-data statistik terkait hasil SBMPTN tahun 2019 seperti PTN dengan peminat terbanyak, PTN terketat, rerata nilai tertinggi UTBK kelompok jurusan Saintek, Soshum dan lainnya.

Baca: 


Hal menarik yang dapat kita simak adalah tingkat keketatan prodi baik dari kelompok SAINTEK maupun SOSHUM. Dua Prodi baru UNNES masuk jajaran 10 besar prodi SAINTEK dengan keketatan tertinggi. Kedua prodi baru tersebut adalah Prodi Farmasi dan Prodi Sistem Informasi Unnes.

“10 Prodi SAINTEK dengan keketatan tertinggi. Kalau kita lihat keketatan tertinggi yang pertama Farmasi dari UNNES (1:77), Teknologi Informasi dari UNY (1:73), Farmasi UPN Jakarta (1:55), Farmasi Universitas Syah Kuala (1:52), Gizi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (1:43), Teknik Sipil Universitas Negeri Yogyakarta (1:43), Pendidikan Dokter Gigi Universitas Syah Kuala (1:41), Sistem Informasi Universitas Negeri Semarang (1:40), Ilmu Komputer Universitas Negeri Jakarta (1:40), dan Pendidikan Teknik Infomatika Universitas Negeri Yogyakarta (1:29).” tutur Menteri Mohamad Nasir pada Konferensi Pers di Ruang Sidang Utama Lt.3 D Gedung Kemenristekdikti, Senayan (9/7).

Baca: Jumlah Penduduk Dunia Berdasarkan Agama

Meskipun merupakan prodi baru nyatanya prodi tersebut dapat bersaing dengan prodi-prodi lawas lainnya yang ditandai dengan peminat yang cukup tinggi. Peminat prodi Farmasi Unnes pada SBMPTN 2019 sebenyak 1.232 orang pelamar dengan daya tampung hanya 16 mahasiswa, Farmasi peringkat pertama prodi SAINTEK terketat dengan tingkat keketatan 1:77. Sedangkan Prodi Sistem Informasi Unnes urutan ke-8 prodi SAINTEK SBMPTN terketat dengan peminat 640 orang peserta dan daya tampung 16 mahasiswa, artinya rasio keketatan prodi ini 1:40.

Dari data-data statistik yang dipaparkan pada konferensi pers pengumuman hasil SBMPTN tahun 2019, UNNES termasuk PTN dengan peminat terbanyak ke-5 dengan jumlah peminat 44.937 peserta seleksi serta menjadi PTN dengan keketatan tertinggi pada kelompok ujian SAINTEK dengan rasio persaingan 1:17.

Beberapa faktor yang menyebabkan mengapa kedua prodi tersebut mempunyai tingkat keketatan tertinggi nasional, diantaranya karena prodi tersebut merupakan prodi yang baru dibuka pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 sehingga daya tampungnya masih sedikit. Serta juga anggapan banyak orang bahwa prodi baru pasti jarang diminati sehingga tidak sedikit yang coba-coba untuk mendaftar ke prodi baru tersebut, membuat peminatnya mebludak dengan daya tampung kecil.

Baca: Bukan Indonesia, Inilah Produsen Beras Terbesar di Dunia

Referensi:
https://ristekdikti.go.id
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Farmasi dan Sistem Informasi, Prodi Baru UNNES Masuk 10 Besar Prodi Terketat SBMPTN 2019"