Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ONLINE Menerjemahkan Dokumen Pdf Word Di Google Translate Terbaru

Cara Menerjemahkan File dengan gtranslate dokumen - Pernahkah sobat diberi tugas oleh guru bahasa Inggris di sekolah, sobat disuruh mentranslate suatu file dokumen word, pdf atau bahkan ppt dari bahasa Inggris ke Indonesia. 

Tentu tidak menjadi masalah jika dokument tersebut hanya beberapa halaman saja, karena kita bisa mengcopy nya kemudian mempastenya di google translate. Terus bagaimana jika file dokumen tersebut berlembar-lembar, misal 10 halaman pastinya tidak akan efisien kalau kita menerjemahkannya satu persatu halaman.

Tidak banyak yang menyadari bahwa teryata google translate juga bisa menerjemahkan file dokument secara online baik berupa word, pdf ataupun ppt. Hal ini pernah penulis alami ketika ada salah satu dosen mata kuliah bahasa Inggris memberi tugas untuk meringkas sebuah teks berbahasa Inggris menjadi satu halaman saja, padahal file pdf yang dikirim dosen tersebut ada sekitar 20 halaman.  

Baca Juga: Channel Berita Terpopuler Di Dunia

Karena penulis tidak menyadari adanya fitur terjemahkan dalam google translate tersebut, alhasil penulis harus bersusah payah mentranslate lembar demi lembar teks doc tersebut di laptop, dengan mengcopynya kemudian mempaste di laman beranda google translate yang memiliki batasan kata dalam menerjemah yaitu sekitar 3.900 karakter.

Lalu seperti apa langkah-langkah untuk merubah dokumen online berbahasa Inggris ke bahasa Indo atau ke bahasa lainnya seperti bahasa Arab, Jerman, Perancis, Jepang, China atau bahkan bahasa Jawa. Cara menerjemahkannya cukup simpel yaitu dengan menggunakan fitur di google translate. Terlebih lagi file yang bisa diterjemahkan di google translate tidak hanya file berbentuk word atau pdf, juga mendukung untuk merubah translate file dokumen dalam bentuk lain seperti  .docx, .odf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, atau .xlsx.

Baca Juga: Klasifikasi Tanaman Air Hiasan Kolam

Langsung saja penulis akan menjabarkan langkah-langkah bagaimana cara menerjemahkan dokumen berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia secara online di google translate :


1. Pertama kalian pergi ke laman online berikut https://translate.google.co.id


 2. Setelah itu akan tampil halaman awalnya, dimana di bagian kanan laptop ada dua pilihan yaitu TEKS dan DOKUMEN, agar bisa menerjemahkan file dokumen kalian pilih yang dokumen kemudian kalian klik.



Cara ONLINE Menerjemahkan Dokumen
3. Langkah selanjutnya akan muncul pilihan “Pilih dokumen Upload .doc, .docx, .odf, .pdf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, atau .xlsx” artinya bahwa dokumen yang bisa diupload dan diterjemahkan terbatas hanya file dengn bentuk tersebut.

4. Klik “Jelajahi Perangkat” maka akan langsung diarahkan ke perangkat kalian baik Hp Android, laptop maupun Komputer. File-file perangkat anda akan muncul, kemudian pilih file yang ingi kalian terjemahkan. Inggattt!! File tersebut harus berbetuk .doc, .docx, .odf, .pdf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, atau .xlsx.



Cara Menerjemahkan dari bahasa Indonesia Ke Inggris
5. Jika sudah, silahkan kalian pilih bahasa yang ingin di terjemahkan, google translate dokumen ini dapat menerjemahkan berbagai bahasa seperti bahasa China, Inggris, Jerman, Arab dan bahasa lainnya yang tersedia.

6. Untuk menerjemahkannya silahkan kalian klik Terjemahkan di bagian kiri bawah sisi laptop kalian.



Translate Dokumen Inggris ke Indonesia
Tunggu beberapa saat sehingga teks di dokumen tersebut diterjemahkan secara keseluruhan. Setelah  semua  teks telah di terjemahkan maka Kemudian kalian tekan CTRL+A dan copy .

7. Pastekan teks yang telah di copy tersebut ke sebuah halaman baru (Word) di perangkat laptop kalian. Selesai.

Catatan: Untuk hasil yang maksimal, lebih baik sobat menggunakan pc /laptop atau komputer.


Baca Juga: Cara Bermain Mini Militia Bersama Kawan


Bagaimana?? cukup cepat bukan, jika kita bandingkan dengan cara manual, cara ini sangat efisien tanpa harus mengcopypaste teks berkali-kali. Demikian informasi tentang bagaimana cara menerjemahkan file dokumen word pdf secara online di google translate dari halaman berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Selamat mencoba, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian. Sekian dan terimakasih.
IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Cara ONLINE Menerjemahkan Dokumen Pdf Word Di Google Translate Terbaru"