Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurusan Sepi Peminat Universitas Musamus Merauke (Unmus)

Jurusan Sepi Peminat Universitas Musamus Merauke (Unmus) Jalur SNBT

Universitas Musamus Merauke (Unmus) merupakan salah satu universitas di Indonesia yang masih tergolong baru. Dalam beberapa tahun terakhir, Unmus mulai memperluas daya tampungnya dan menjalankan program Sistem Nasional Berbasis Tes (SNBT). Meski demikian, beberapa jurusan di Unmus mengalami penurunan peminat pada tahun 2023.

Bagi para calon mahasiswa, menelusuri jurusan sepi peminat di Unmus dapat menjadi pilihan yang menarik untuk masa depan pendidikan. Ada banyak peluang besar dan potensi unik yang dimiliki oleh jurusan-jurusan tersebut, yang mungkin tidak banyak diketahui masyarakat saat ini.

Profil Universitas Musamus Merauke (Unmus) Menurut Wikipedia

Universitas Musamus Merauke (Unmus) adalah sebuah perguruan tinggi di Merauke, Papua, yang didirikan pada tahun 2000. Universitas ini memiliki 6 fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Teknik, Ilmu Sosial dan Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kedokteran, dan Hukum.

Sejarah berdirinya Unmus bermula dari ide Gubernur Papua waktu itu, Barnabas Suebu, yang memahami betul bahwa pendidikan merupakan kunci pembangunan daerah yang berkelanjutan. Ia ingin memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya bagi orang Papua dalam mengakses pendidikan tinggi. Pada akhirnya, Unmus resmi dibuka pada tahun 2001.

Jurusan Sepi Peminat UNMUS Merauke

Dari profil ini, bisa disimpulkan bahwa Unmus adalah sebuah institusi pendidikan yang penting di Papua, dan memiliki 6 fakultas yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai universitas yang relatif baru, perannya dalam pembangunan pendidikan di Papua masih terus berkembang.

Jurusan Sepi Peminat (Unmus) Merauke Tahun 2023

Pada tahun 2023, terdapat beberapa jurusan di Universitas Musamus Merauke (Unmus) yang mengalami penurunan peminat. 

NO PRODI JENJANG DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022
1 PETERNAKAN Sarjana 18 2
2 PENDIDIKAN KIMIA Sarjana 14 2
3 AGROTEKNOLOGI Sarjana 27 4
4 PENDIDIKAN MATEMATIKA Sarjana 14 4
5 PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Sarjana 23 4
6 SASTRA INGGRIS Sarjana 23 4
7 PENDIDIKAN EKONOMI Sarjana 23 4
8 ARSITEKTUR Sarjana 23 5
9 KETEKNIKAN PERTANIAN Sarjana 23 5
10 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Sarjana 18 5

Peluang dan Potensi Jurusan Sepi Peminat Universitas Musamus Merauke (Unmus)

Universitas Musamus Merauke (Unmus) memiliki beberapa jurusan yang sedikit peminat. Namun, jangan salah, jurusan-jurusan ini memiliki peluang besar dan potensi unik di masa depan.

Baca Juga : Jurusan Sedikit Peminat SNBT UNCEN Cendrawasih

Sumber daya manusia berkualitas

Unmus telah menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, siap menghadapi persaingan global. Terdapat juga program-program khusus yang diadakan Unmus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini menjadi keuntungan bagi jurusan-jurusan sepi peminat, sebab mereka dapat memanfaatkan sumber daya manusia yang berkualitas ini untuk berkembang di masa depannya.

Peluang kerja yang menjanjikan

Meski jumlah peminat jurusan-jurusan sepi di Unmus sedikit, peluang kerja di bidang ini tetap cukup besar. Keterlibatan Unmus dalam proyek-proyek lokal dan nasional, juga membuat peluang kerja bagi lulusannya terbuka lebar.

Sinergi dengan industri

Unmus memiliki kerja sama sinergi dengan berbagai pihak termasuk industri di sekitarnya. Jurusan-jurusan sepi peminat bisa memanfaatkan kerjasama ini untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidangnya masing-masing, membuka peluang kerja lebih luas.

Dengan demikian, meskipun jurusan-jurusan di Unmus yang sepi peminat, potensi dan peluang besar masih ada di dalamnya. Mahasiswa-mahasiswa Unmus di bidang ini harus memanfaatkan masa studinya sebaik mungkin dan mengembangkan diri untuk mengambil kesempatan ini. Siapa tahu, di masa depan jurusan-jurusan sepi peminat ini bisa menjadi primadona di Merauke.

Daya Tampung dan Peminat Universitas Musamus Merauke (Unmus)

Universitas Musamus Merauke (Unmus) memiliki daya tampung yang tidak terlalu besar, hal ini membuat persaingan menjadi lebih ketat. Meskipun begitu, terdapat beberapa jurusan yang memiliki peminat yang cukup banyak. Namun, sayangnya ada juga jurusan yang peminatnya sedikit.

NO PRODI JENJANG DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022
1 PETERNAKAN Sarjana 18 2
2 PENDIDIKAN KIMIA Sarjana 14 2
3 AGROTEKNOLOGI Sarjana 27 4
4 PENDIDIKAN MATEMATIKA Sarjana 14 4
5 PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Sarjana 23 4
6 SASTRA INGGRIS Sarjana 23 4
7 PENDIDIKAN EKONOMI Sarjana 23 4
8 ARSITEKTUR Sarjana 23 5
9 KETEKNIKAN PERTANIAN Sarjana 23 5
10 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Sarjana 18 5
11 MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN Sarjana 18 6
12 PENDIDIKAN FISIKA Sarjana 14 6
13 EKONOMI PEMBANGUNAN Sarjana 50 6
14 PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI Sarjana 59 6
15 TEKNIK ELEKTRO Sarjana 27 7
16 TEKNIK MESIN Sarjana 27 7
17 AGRIBISNIS Sarjana 27 9
18 PENDIDIKAN KOMPUTER Sarjana 27 9
19 PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Sarjana 45 10
20 TEKNIK SIPIL Sarjana 36 16
21 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Sarjana 68 25
22 SISTEM INFORMASI Sarjana 41 29
23 AKUNTANSI Sarjana 50 32
24 ILMU HUKUM Sarjana 90 33
25 ILMU ADMINISTRASI NEGARA Sarjana 90 40
26 TEKNIK INFORMATIKA Sarjana 54 47
27 MANAJEMEN Sarjana 90 71

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dibahas mengenai jurusan sepi peminat di Universitas Musamus Merauke (Unmus) dan potensi yang mereka miliki. Meskipun peminat dari beberapa jurusan di Unmus sedikit, namun hal ini jangan membuat calon mahasiswa menutup mata terhadap peluang dan potensi yang tersembunyi di dalamnya. Sebagai calon mahasiswa, Anda harus mempertimbangkan untuk tetap memilih jurusan sepi peminat, karena di masa depan, jurusan tersebut bisa saja menjadi sangat penting dan dibutuhkan di dunia kerja, terlebih jika Anda memiliki minat dan bakat pada jurusan tersebut.

Baca Juga : Jurusan Sedikit Peminat SNBT ISBI Tanah Papua

Selain itu, informasi mengenai daya tampung dan situasi peminat di Unmus juga bisa menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa untuk memilih jurusan yang tepat. Meskipun jurusan sepi peminat, namun jika daya tampungnya kecil, maka persaingan untuk diterima di jurusan tersebut pun bisa saja ketat.

Dengan demikian, penting bagi calon mahasiswa untuk mempertimbangkan dengan matang pilihan jurusan yang akan diambil, melihat peluang dan potensi yang ada, serta memperhitungkan daya tampung dan situasi peminatnya. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda semua.

IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Jurusan Sepi Peminat Universitas Musamus Merauke (Unmus)"