Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jurusan Sepi Peminat di ISI Denpasar Bali Jalur SNBT

9 Jurusan Sepi Peminat di ISI Denpasar Bali Jalur SNBT

Anda mungkin tidak pernah mendengar tentang jurusan-jurusan di ISI Denpasar Bali yang memiliki sedikit peminat melalui jalur SNBT. Padahal, institut seni Indonesia yang terletak di Denpasar Bali ini memiliki banyak jurusan menarik untuk Anda pelajari. Artikel ini akan membahas 9 jurusan sepi peminat di ISI Denpasar Bali melalui jalur SNBT serta profil ISI Denpasar, sejarah berdirinyaakreditasi, daya tampung, dan jumlah peminat jurusan di ISI Denpasar melalui jalur SNBT.

Profil ISI Denpasar Bali Menurut Wikipedia

ISI Denpasar Bali merupakan lembaga pendidikan tinggi seni yang didirikan pada tahun 2003. Institusi ini terletak di Kota Denpasar, Bali, dan dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi seni terbaik di Indonesia. Berdasarkan informasi yang ditemukan di Wikipedia, PROFIL ISI Denpasar Bali mencakup:

Visi : 

Mewujudkan Perguruan Tinggi Seni yang Mendunia dengan Kearifan Lokal

Misi : 

  • Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan pelatihan di bidang seni dan budaya
  • Menjalin kerjasama dengan institusi dan lembaga lain, baik di dalam maupun di luar negeri
  • Mendukung pengembangan seni dan budaya di Bali dan Indonesia
  • Menghasilkan lulusan yang profesional dan berkualitas di bidang seni dan budaya

Tujuan ISI Denpasar Bali adalah untuk memperkenalkan, mengembangkan, dan memperkaya seni dan budaya Bali serta Indonesia. Oleh karena itu, lembaga ini banyak berkolaborasi dengan seniman dan budayawan untuk mendukung pengembangan seni dan budaya di Bali dan Indonesia.

Sejarah Berdirinya ISI Denpasar Bali

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Bali adalah salah satu perguruan tinggi seni terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 2 Januari 1984, ISI Denpasar Bali awalnya berstatus sebagai sekolah seni dengan nama Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar Bali. Pada tahun 2003, ASTI Denpasar Bali diubah menjadi ISI Denpasar Bali, sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan pengembangan seni dan budaya di Indonesia.

Seiring dengan perkembangannya, ISI Denpasar Bali telah berhasil mencetak banyak seniman dan budayawan yang berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, institut seni ini juga telah berperan dalam memajukan industri kreatif di Bali dan meningkatkan kualitas seniman-seniman muda Indonesia.

ISI Denpasar Bali menawarkan berbagai jurusan, seperti Seni Murni, Seni Musik, Seni Tari, Seni Pedalangan, dan lain-lain. Seluruh program studi di ISI Denpasar Bali diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan memiliki prospek karir yang cerah di berbagai sektor industri kreatif.

Akreditasi ISI Denpasar Bali

ISI Denpasar Bali merupakan salah satu institut seni terkemuka di Indonesia. Institusi ini telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat institusi B. Akreditasi ini menunjukkan bahwa kurikulum, dosen, dan sarana prasarana di institut seni ini telah memenuhi standar nasional yang ditetapkan untuk pendidikan tinggi.

Jurusan Sepi Peminat di ISI Denpasar Bali

Proses akreditasi dilakukan setiap lima tahun sekali dan meliputi evaluasi terhadap berbagai aspek institut seni, seperti kurikulum, fasilitas, tenaga pengajar, dan hasil belajar mahasiswa. ISI Denpasar Bali telah mempertahankan peringkat akreditasi B sejak tahun 2010 hingga saat ini.

Baca Juga : Jurusan Sepi Peminat SNBT UNAIR Surabaya

Akreditasi yang diperoleh oleh ISI Denpasar Bali sangat penting dalam menjamin mutu pendidikan di institut seni ini. Dengan adanya akreditasi, institut seni ini menjadi lebih diapresiasi oleh masyarakat dan industri kreatif. Selain itu, akreditasi juga membantu mahasiswa dalam mengembangkan karir profesional mereka setelah lulus dari institusi ini.

9 Jurusan Sepi Peminat SNBT di ISI Denpasar

Berikut adalah daftar 9 jurusan di ISI Denpasar Bali yang memiliki sedikit peminat melalui jalur SNBT:

No PRODI JENJANG DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022
1 SENI PEDALANGAN S1 6 4
2 TARI S1 16 7
3 KRIYA S1 10 11
4 SENI KARAWITAN S1 32 17
5 PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN S1 32 27
6 MUSIK S1 32 40
7 SENI MURNI S1 32 42
8 PRODUKSI FILM DAN TELEVISI D4 16 45
9 FOTOGRAFI S1 16 48

Seperti yang terlihat pada tabel di atas, semua jurusan memiliki daya tampung yang terbatas dengan passing grade yang cukup tinggi. Meskipun jurusan-jurusan ini memiliki sedikit peminat melalui jalur SNBT, prospek karir yang cerah tetap dapat diraih. Sebagai sebuah institut seni yang terakreditasi, ISI Denpasar Bali menyediakan lingkungan belajar dan fasilitas yang memadai untuk mendukung mahasiswanya dalam mengejar mimpi mereka.

Daya Tampung dan Peminat SNBT di ISI Denpasar

Berikut adalah daftar daya tampung dan peminat di ISI Denpasar Bali yang memiliki sedikit peminat melalui jalur SNBT:

No PRODI JENJANG DAYA TAMPUNG 2023 PEMINAT 2022
1 SENI PEDALANGAN S1 6 4
2 TARI S1 16 7
3 KRIYA S1 10 11
4 SENI KARAWITAN S1 32 17
5 PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN S1 32 27
6 MUSIK S1 32 40
7 SENI MURNI S1 32 42
8 PRODUKSI FILM DAN TELEVISI D4 16 45
9 FOTOGRAFI S1 16 48
10 DESAIN MODE D4 32 57
11 DESAIN INTERIOR S1 48 112
12 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL S1 64 277
13 DESAIN PRODUK S1 16 (Prodi Baru)
14 ANIMASI D4 16 (Prodi Baru)

Kesimpulan

Setelah mengulas 9 jurusan sepi peminat di ISI Denpasar Bali melalui jalur SNBT, dapat disimpulkan bahwa meskipun jurusan-jurusan tersebut memiliki sedikit peminat, namun masih memiliki prospek karir yang cerah dan peluang besar dalam industri kreatif.

Baca Juga : Jurusan Sepi Peminat ITS Surabaya

Bagi Anda yang tertarik, kami sarankan untuk mengunjungi laman resmi SNPMB untuk informasi lebih akurat dan terupdate mengenai daya tampung dan persyaratan masuk ke ISI Denpasar Bali.

IMC future
IMC future IMC Future owner dari Blog Salam Pikir. Ngeblog dari tahun 2019 sampai sekarang. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya ini. Semoga bisa bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "9 Jurusan Sepi Peminat di ISI Denpasar Bali Jalur SNBT"